Pemprov Jatim Kirim 16 Dokter ke Palu

Daviq Umar Al Faruq    •    Jumat, 05 Oct 2018 11:16 WIB
Gempa Donggala
Pemprov Jatim Kirim 16 Dokter ke Palu
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. (Medcom.id/Daviq).

Malang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyiapkan bantuan dana sebesar Rp10 miliar untuk membantu korban bencana di Indonesia. Dana tersebut dibagi untuk bencana di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng); serta untuk bencana di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Untuk bantuan ke Palu kita enggak kirim logistik, tapi uang Rp5 miliar. Sama ke Lombok juga Rp5 Miliar," kata Gubernur Jawa Timur, Soekarwo saat ditemui di Gedung DPRD Kota Malang, Kamis 4 Oktober 2018.

Selain mengirim dana, Pemprov Jatim juga mengirim bantuan medis ke Sulteng. Sebab, diakui pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini bahwa di Sulteng banyak korban bencana yang masih belum tersentuh secara medis.

"Kami juga mengirimkan tenaga dokter, terutama ortopedi untuk bedah tulang karena sebagian besar pasiennya patah tulang. Ada 16 dokter yang kita kirim termasuk tagana ada 40 orang," kata dia.

Soekarwo menambahkan bantuan-bantuan tersebut telah dikirimkan sejak Senin, 1 Oktober 2018. Selain itu, Pemprov Jatim juga mendirikan posko di kawasan bencana di Sulteng. 

"Kita buat posko di sana tapi yang diperlukan itu dokter ortopedi. Bantuan sudah dikirim semua, uangnya langsung meluncur Senin. Kami tidak mengirim logistik karena kesulitan distribusinya. Kalau uang langsung bisa dibelikan di sana nanti," terangnya.

Di sisi lain, Soekarwo mengaku saat ini masih kesulitan mendata berapa jumlah masyarakat Jawa Timur yang menjadi korban bencana di Sulteng.


(ALB)