Risma Pesimistis Surabaya Bebas Banjir Tahun Ini

Amaluddin    •    Senin, 26 Sep 2016 20:30 WIB
banjir
Risma Pesimistis Surabaya Bebas Banjir Tahun Ini
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. (Foto: MI/M Irfan)

Metrotvnews.com, Surabaya: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pesimistis wilayahnya bebas banjir tahun ini. Sebab Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Jawa Timur khususnya Surabaya diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan sedang.

"Tapi saya tidak berani ngomong. Takut takabur," kata Tri Rismaharini, di Surabaya, Jawa Timur, Senin (26/9/2016).

Perempuan yang akrab disapa Risma itu mendapat laporan dari BMKG terkait prakiraan cuaca tahun ini. Berdasarkan laporan itu, Kota Surabaya akan diguyur hujan intensitas tinggi hingga sedang. Puncaknya akan terjadi pada pertengahan Oktober 2016. Surabaya sendiri tidak pernah absen dari banjir saat hujan tiba. 

Meski demikian, orang nomor satu di Pemkot Surabaya itu mengaku telah berupaya untuk mengantisipasi banjir. Di antaranya memperbaiki saluran air agar berfungsi dengan baik. 

"Kami juga sudah menambah pompa air dua kali lipat," kata dia.

Pada 2014, curah hujan di Kota Pahlawan sekitar 90 milimeter per hari.  Tahun lalu, bahkan lebih tinggi sekitar 190 milimeter per hari padahal normalnya 70 mililiter per hari. Tahun ini kata Risma, diprediksi bisa mencapai tiga kali lipat dari dua tahun sebelumnya.


(TTD)