Sembilan Rumah di Batu Rusak Diseruduk Truk

Antara    •    Selasa, 26 Dec 2017 16:16 WIB
kecelakaan truk
Sembilan Rumah di Batu Rusak Diseruduk Truk
Petugas memberi pembatas jalan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan truk pengangkut alat berat di jalur Malang-Kediri, Junrejo, Batu, Jawa Timur, Selasa, 26 Desember 2017. Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto

Malang: Sedikitnya sembilan rumah, dua unit kendaraan roda empat dan dua sepeda motor rusak parah tertabrak truk trailer yang mengangkut alat berat jenis backhoe di Jalan Ir Soekarno Kota Batu, Selasa, 26 Desember 2017. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Truk bernopol B 9355 HW diisi delapan orang penumpang, yakni satu orang sopir truk trailer, seorang pengemudi backhoe, istri sopir truk dan lima anak sopir truk. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Dugaan sementara, kecelakaan tersebut disebabkan rem truk trailer blong. Akibatnya, truk yang melaju dari arah Batu menuju Malang itu menabrak sembilan unit rumah penduduk dan sejumlah kendaraan. Lima orang penumpang mengalami luka ringan dan dua orang lainnya luka berat.

Kesembilan rumah di kawasan Jalan Soekarno (Dadaprejo) Kota Batu yang mengalami rusak berat tersebut adalah milik Imam, Suharto, Turiono, Heru Suwantoro, Sugiardi, Suparman, Dwi Sudarto, Gayon, dan Agus. Saat ini, polisi masih memeriksa sopir truk trailer yang memicu kecelakaan di Jalan Ir Soekarno, Kota Batu tersebut.

Kasatlantas Polres Batu AKP Ari Galang Saputra menyebut, sopir truk diduga melaju kencang dan tidak terkendali akibat rem blong. Sopir membanting setir ke kiri dan menabrak rumah warga yang ada di pinggir Jalan Ir Soekarno.

Namun, belum ada kepastian apakah sopir truk mengantuk, kelelahan atau mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Ari menambahkan, kendaraan besar dilarang melintas di jalur utama selama masa liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Oleh karena itu, pihak kepolisian melakukan pengecekan secara rinci. "Jika melakukan pelanggaran, pasti kami tilang," ucap Ari.

Truk trailer yang mengangkut backhoe dan dikemudikan Imam Syafi'i itu melintas di Jalan Ir Soekarno setelah menyelesaikan proyek di area Jatim Park 3 dan akan mengembalikan alat berat tersebut ke Surabaya.

Sementara alat berat (backhoe) yang ada di atas truk terlepas dan menabrak rumah warga di kawasan itu. Proses evakuasi truk trailer membutuhkan waktu hingga beberapa jam dan mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas yang cukup panjang.

 


(SUR)