Perampas Sepeda Motor di 36 Lokasi di Surabaya Ditangkap

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 17 Nov 2017 16:21 WIB
pencurian
Perampas Sepeda Motor di 36 Lokasi di Surabaya Ditangkap
Polisi menangkap perampas sepeda motor yang beraksi di 36 lokasi di Surabaya, Jumat, 17 November 2017, MTVN - Hadi

Surabaya: Kawanan perampasan sepeda motor dan penadah dibekuk di Surabaya, Jawa Timur. Mereka ditangkap setelah beraksi di 36 lokasi.

Tersangka yaitu Khoilur Rohman alias Telung, 23, asal Tanah Merah Surabaya, Madura; Zaenal Abidin, 22, asal Wonokusumo Jaya Surabaya; Iksan, 22 asal Wonokusumo Kidul Surabaya; dan Moch. Sholeh, 24 asal Tambak Wedi Keidnding Surabaya. 

Kapolsek Gayungan Surabaya Kompol Lukito penangkapan dilakukan setelah polisi mendapat laporan warga. Gayungan merupakan satu dari kecamatan yang menjadi lokasi perampasan sepeda motor.

"Di wilayah hukum Polsek Gayungan saja, ada sekitar 14 LP (laporan)," ungkap Lukito dalam rilis di Mapolsek Gayungan Surabaya, Jumat, 17 November 2017. 

Menurutnya, setiap laporan itu, petugas menanyakan langsung kepada korban atas ciri-ciri pelaku. Diantaranya, berbadan besar, selalu menggunakan helm coklat bertuliskan Vespa, dan kerap menggunakan senjata tajam untuk menakut-nakuti korbannya. 

"Nah, dari hasil laporan itu kami sebarkan anggota di beberapa titik," katanya. 

Senin, 14 November 2017 sekitar pukul 00.45 WIB di jalan Kertomenanggal dekat Surabaya Carnival, anggota Tim Anti Bandit menengarai salah satu tersangka bernama Khoilur Rohman alias Telung di sebuah warung tak jauh dari lokasi. Berdasarkan ciri-ciri yang sudah dikumpulkan petugas, akhirnya memilih untuk melakukan pengawasan. 

"Setelah dia keluar dari warung, akhirnya petugas membuntuti pelaku dan memberhentikan pelaku. Seketika itu juga petugas langsung meminta keterangan kepada pelaku. Ternyata benar sesuai ciri-ciri yang dikantongi petugas," jelasnya. 

Dari hasil pemeriksaan Telung, petugas menangkap Zaenal Abidin dan Ikhsan yang tak lain rekan pelaku utama. Dan dari hasil pemeriksaan ketiganya, polisi juga menangkap Moch Sholeh yang diduga menjadi penadah hasil rampasan pelaku. 

"Barang bukti yang kami amankan, diantaranya, Honda Vario, putih, L3806 QT, Honda Vario Hitam L 4128 QU, Honda Beat Hitam, L 2505 PM, Perangkat AC, BPKB, dua jam tangan, dua Handphone, dua Dompet," tandasnya. 

Selain di wilayah hukum Polsek Gayungan, tersangka juga beraksi di beberapa tempat lain, diantaranya, Kebun Bintang Surabaya, Tunjungan Plasa, Jambangan, Jalan Diponegoro, Frontage Road Ahmad Yani, dan Waru. Hingga saat ini, pihak kepolisian masih melakukan pengembangan dan atas kasus tersebut. 


(RRN)