Demokrat Jalin Komunikasi untuk Pilpres 2019

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 03 Apr 2018 19:52 WIB
pilpres 2019
Demokrat Jalin Komunikasi untuk Pilpres 2019
Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kemeja biru) saat berkunjung ke Malang, Selasa 3 April 2018. Foto: Medcom.id/DAVIQ UMAR AL FARUQ

Malang: Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut partainya telah berkomunikasi dengan semua partai untuk Pilpres 2019. Namun, dirinya masih enggan menyebut partai mana yang telah mesra dengan Demokrat.

"Hingga hari ini saya belum ada kapasitas untuk mengatakan dengan siapa Demokrat akan berkoalisi dan kapan waktunya. Tunggu saja momentumnya, nanti kita akan sampaikan pada akhirnya," kata AHY saat berkunjung ke Malang, Jawa Timur, Selasa, 3 April 2018.

Manuver dan komunikasi politik antar partai diyakini AHY tak hanya dilakukan Demokrat. Seluruh partai pasti tengah bekerja di belakang layar jelang Pilpres 2019.

"Termasuk membangun chemistry antar parpol, karena pada akhirnya setiap parpol akan berkoalisi itu adalah keniscayaan jika ingin terlibat secara langsung dalam pilpres (pemilihan presiden)," ujar suami Annisa Pohan ini.

AHY tidak memungkiri peluang kemunculan poros ketiga pada Pilpres 2019. Sebab, hubungan antarpartai masih relatif cair.

"Semuanya mungkin. Saat ini ada dua kandidat capres (calon presiden) yang kuat berdasarkan berbagai survei. Tetapi di antara mereka masih belum ada yang aman sepenuhnya menurut survei," jelasnya.

AHY menilai bakal banyak spekulasi apakah terdapat alternatif dalam Pilpres 2019. Namun berbagai spekulasi tersebut masih belum ada yang dapat dipastikan hingga saat ini.

Usai berkunjung ke Pasar Besar, AHY menghadiri rapat Tim Pemenangan Partai Demokrat Kota Malang di Hotel Pelangi. Selanjutnya, dia bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke Kota Batu untuk menghadiri "Nongkrong Bareng AHY".


 


(SUR)