Polres Jember Fokus Tekan Angka Kecelakaan

Kusbandono    •    Senin, 28 May 2018 21:11 WIB
kecelakaan lalu lintas
Polres Jember Fokus Tekan Angka Kecelakaan
ilustrasi Medcom.id

Jember: Angka kecelakaan di wilayah Jember kian meningkat tiap tahun. Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas itu, Satlantas Jember akan mendirikan pos darurat di titik-titik rawan kecelakaan.

Kanit Laka Satlantas Jember Iptu Adam mengatakan kecelakaan lalu lintas Januari hingga Mei 2018 ada sebanyak 529 kejadian. Jumlah itu meningkat drastis dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai 406 Kejadian.

"Angka ini sangat tinggi dibanding tahun sebelumnya, ada kenaikan 123 kejadian," kata Adam, Senin 28 Mei 2018.

Adam merinci, dari 529 kecelakaan lalu lintas jumlah korban luka ringan mencapai 599 orang, luka berat 11 orang, korban meninggal 162 orang dan kerugian materi mencapai Rp 553.800.000.

Kenaikan jumlah kecelakaan lalu lintas itu membuat Satlantas Polres Jember meningkatkan penanganan preventif dengan mendirikan pos di 5 titik mencegah terjadinya laka lantas terutama momen Lebaran dan waktu mudik tiba.

"Hingga saat ini kita telah mendirikan pos darurat di 5 titik dan dalam waktu dekat akan ditambahkan menjadi 5 titik lagi. Titik terberat berada di ruas jalan Kertosari Kecamatan Pakusari yang merupakan titik black spot yang ada di Jember." Tambah Adam.

Adam menambahkan, untuk menghindari terjadinya kecelakaan pengguna jalan yang menggunakan kendaraan pribadi saat mudik dan balik lebaran, harus memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik dan kondisi pengguna kendaraan juga harus prima.  Selain itu, sopir dilarang berkendara jika sedang mengkonsumsi obat, alkohol, dan alat komunikasi saat berkendara. 

"Kami mengimbau agar pengendara mengetahui jarak terpendek dan mengupdate informasi wilayah yang akan dilewati serta mematuhi rambu-rambu dan etika berlalu lintas." ujar Adam.



(ALB)