Transformasi Rastra ke BPNT Ditarget Rampung pada Awal 2019

Amaluddin    •    Selasa, 25 Sep 2018 19:30 WIB
dana bantuan
Transformasi Rastra ke BPNT Ditarget Rampung pada Awal 2019
Menteri Sosial (Mensos), Agus Gumiwang Kartasasmita, Medcom.id - Amal

Surabaya: Proses transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) mencapai 70 persen pada akhir 2018. Menurut Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, transformasi tuntas pada awal tahun depan.

"Kami menargetkan transformasi tuntas pada awal tahun depan," kata Agus dalam Rapat Kerja Teknis Transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera ke Bantuan Pangan Non Tunai Tahap III Bulan Oktober dan Tahap IV Bulan November di Wilayah III Tahun 2018 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 25 September 2018.

Agus pun mendorong semua unit bekerja mencapai target 100 persen. Transformasi itu menyasar lima juta peserta program Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Tiap peserta mendapat bantuan Rp1.890.000 per tahun.

Selain itu, warga lanjut usia atau lansia mendapat bantuan Rp2 juta. Bantuan itu juga diterima oleh penyandang disabilitas yang terdata di pemerintah.

BPNT merupakan program pengganti bantuan rastra. Sebelumnya, pemerintah membagikan beras kepada peserta KPM. 

Melalui program BPNT, peserta KPM menerima bantuan sebesar Rp110 ribu per bulan. Pemerintah akan menyalurkan bantuan itu melalui rekening peserta KPM. Kemudian, peserta dapat menggunakan bantuan itu untuk membeli bahan pangan selain beras.

Peserta KPM bisa membeli bahan pangan di e-warung. E-warung  merupakan program Kementerian Sosial untuk menyalurkan bantuan beberapa kebutuhan pokok masyarakat yang berkualitas. 


(RRN)