Sopir Trailer Jadi Tersangka Kecelakaan KA Sancaka

Kusbandono    •    Minggu, 08 Apr 2018 17:05 WIB
tabrakan kereta api
Sopir Trailer Jadi Tersangka Kecelakaan KA Sancaka
Petugas mengevakuasi gerbong KA Sancaka yang kecelakaan di Ngawi, Jawa Timur. (ANT/Zabur Karuru)

Ngawi: Sopir trailer, Aji Aman, 41, dalam kecelakaan antara KA Sancaka relasi Yogyakarta-Gubeng dengan trailer pengangkut beton bantalan rel di perlintasan liar di kilometer 215+8 jadi tersangka. Aji terancam hukuman 15 tahun penjara. 

"Saat ini sudah kita tahan untuk proses lebih lanjut," kata kasat Reskrim Polres Ngawi AKP Martoyo saat dihubungi Medcom.id, Minggu 8 April 2018.

Martoyo mengatakan, Aji adalah warga Desa Samben, Kecamatan Kedung Anom, Bojonegoro, Jawa Tengah. Aji dikenakan Pasal 359 dan 360 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Baca: Polisi Periksa Saksi Kecelakaan KA Sancaka

Martoyo menuturkan, sebelumnya polisi telah memeriksa dua saksi yakni sopir truk trailer dan pemilik mobil, Dimas, 26, dalam kecelakaan yang menewaskan masinis tersebut. 

Dimas adalah saksi utama atas kecelakaan maut tersebut. Dia pemilik mobil Avanza bernopol L 1356 BH. Mobil Avanza warna abu-abu tersebut kini ringsek di bodi depan dan samping. Serta, roda bagian belakang kiri penyok.

Dimas adalah pegawai proyek doubel track PT KA. Saat kejadian, dirinya sedang di lokasi usai menerima kiriman beton bantalan rel KA.

"Saat kecelakaan terjadi, tersangka sempat menghilang," ucapnya. 

Martoyo mengungkap, Aji mengaku trailernya mogok di tengah rel. Meski trailer yang dikendarainya hancur, Aji selamat. Sementara masinis KA Sancaka tewas.

Baca: Istri Masinis KA Sancaka Diangkat Jadi Karyawan KAI


(LDS)