Pencarian Pemulung Tertimbun Sampah di Malang Dihentikan Sementara

Daviq Umar Al Faruq    •    Kamis, 12 Jul 2018 18:34 WIB
longsor
Pencarian Pemulung Tertimbun Sampah di Malang Dihentikan Sementara
Suasana Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang di Mulyorejo, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu 11 Juli 2018.

Malang: Pencarian Agus Sujarno, 45, yang hilang tertimbun longsoran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang Malang dihentikan sementara. Pasalnya, terjadi longsor susulan saat dilakukan pencarian.

Komandan Tim Rescue, Satrio Nuridanto mengatakan longsor susulan tersebut terjadi sekitar pukul 14.50 WIB, Kamis, 12 Juli 2018. Longsoran sampah tersebut berasal dari atas gundukan sampah.

"Sampah yang ada di atas tim pencari gabungan, longsor sejauh dua meter. Sehingga tidak memungkinkan pencarian kembali dilanjutkan," katanya.

Baca: Korban Longsoran Sampah Masih Dicari

Satrio mengatakan longsor susulan tersebut berbahaya bagi tim pencari gabungan. Sehingga, tim pencari menghentikan pencarian korban sementara dan melakukan evaluasi untuk pencarian selanjutnya besok Jumat 13 Juli 2018.

"Kami akan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk mengurangi resiko longsor yang di atas (gundukan) dengan mengekskavator sampah-sampah yang ada di atas. Tadi di atas search area sekitar dua meteran," bebernya.

Komandan Basarnas Surabaya ini menjelaskan penyebab longsor susulan tersebut terjadi karena gundukan sampah di atas gundukan sampah ambrol usai tim pencari melakukan penggalian sampah untuk mencari korban.

"Semakin lama kan semakin dalam, jadi ambrol dan dikhawatirkan mengenai tim pencari. Longsor susulan dalam radius dua meteran dari lokasi. Material longsor hampir semuanya sampah. Kemiringan sekitar 70 derajat," jelasnya.

Saat ini lokasi pencarian, diamankan dan dipasangi police line. Para pemulung lainnya untuk sementara waktu dilarang untuk memungut sampah di kawasan TPA karena masih rawan terjadi longsor.

Sebelumnya diberitakan, dua orang pemulung tertimbun longsoran sampah saat memungut sampah di TPA Supit Urang di Mulyorejo, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, sekitar pukul 13.00 WIB, Rabu 11 Juli 2018.

Keduanya adalah Miskan, 45, warga Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang dan Agus Sujarno. Saat longsor terjadi, Miskan dapat menyelamatkan diri sedangkan Agus hilang tertimbun sampah. 





(ALB)