Dalam 2 Pekan, Sidang Keliling Sidoarjo Putuskan 11 Perceraian

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 03 May 2018 22:15 WIB
perceraian
Dalam 2 Pekan, Sidang Keliling Sidoarjo Putuskan 11 Perceraian
Kantor Pengadilan Agama Sidoarjo, Kamis 3 Mei 2018, Medcom.id - Hadi

Sidoarjo: Sidang keliling Pengadilan Agama Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, memutus 11 dari 21 perkara perceraian. Data itu didapat setelah program sidang keliling diluncurkan pada pertengahan April 2018.

Humas Pengadilan Agama Sidoarjo Arief mengatakan program itu mempercepat proses penanganan perkara. Sebab, perkara perceraian di Sidoarjo kian banyak.

"Pada 2016, jumlah perkara perceraian mencapai 4.500 kasus. Di 2017, jumlahnya meningkat menjadi 5.000 kasus," kata Arif di ruang kerjanya di Sidoarjo, Kamis, 3 Mei 2018.

Sedangkan jumlah hakim yang bertugas hanya 11 orang. Arif menilai jumlah petugas tak sebanding dengan pengajuan perkara yang tiap hari mencapai 80 berkas.

Lokasi pertama pelaksanaan program sidang keliling yaitu di Krian. Sidang pertama digelar pada 12 April. Sidang kedua digelar pada 26 April.

Krian, lanjutnya, merupakan kawasan dengan pengajuan perceraian paling banyak di Sidoarjo. Dengan program sidang keliling, ungkap Arif, warga tak perlu mendatangi kantor Pengadilan Agama Sidoarjo.

"Selain itu, juga memudahkan mereka (yang menjalani sidang) tanpa harus ke kantor Pengadilan Agama. Kasihan mereka, Jauh," tandasnya.

Baca: Pengadilan Agama Sidoarjo Sidang Keliling Kasus Perceraian
 


(RRN)