PLN Amankan Listrik usai Banjir Bandang Menerjang Banyuwangi

Antara    •    Minggu, 24 Jun 2018 12:50 WIB
banjir bandang
PLN Amankan Listrik usai Banjir Bandang Menerjang Banyuwangi
Warga dan relawan membersihkan rumah yang diterjang banjir bandang di Desa Alas Malang, Banyuwangi, Sabtu 23 Juni 2018, Ant - Zabur Karuru

Surabaya: PT PLN Distribusi Jawa Timur memastikan aliran listrik di Banyuwangi aman setelah banjir bandang menerjang empat dusun di kabupaten tersebut. Banjir bandang melanda pada Sabtu, 23 Juni 2018.

Manajer Komunikasi Hukum dan Administrasi PLN Distribusi Jatim Dwi Suryo Abdullah mengatakan banjir meluas di daerah aliran sungai (DAS). PLN Rayin Rogojampi Area Banyuwangi melakukan pengamanan dengan memutuskan aliran listrik di gardu.

"Pemutusan aliran listrik kami lakukan dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB," kata Suryo di Surabaya, Minggu, 24 Juni 2018.

Selama waktu tersebut, kata Dwi, PLN selalu berkoordinasi dengan BPBD untuk memantau kondisi tiang listrik. Tim akan memastikan tak ada tiang yang roboh atau kabel tertimpa pohon.

"Bila tidak ada, kami akan kembali mengalirkan listrik ke Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, sekitar pukul 17.00 WIB guna membantu masyarakat untuk mendapatkan penerangan pada malam hari sehingga warga bisa mengamankan masing-masing rumah," tuturnya.

Ia mengatakan PLN membantu warga dengan memberikan alat bantu argo dorongan untuk membersihkan lumpur, sekop, cangkul serta personel untuk meringankan beban warga.

Banjir bandang menerjang empat dusun di Banyuwangi yakni Dusun Gari, Bangunrejo, Karangrejo, dan Wonorejo. Watga berusaha menyelamatkan barang-barang mereka karena lumpur mulai masuk ke rumah-rumah
penduduk.

Banjir bandang menyebabkan kerusakan sejumlah destinasi wisata dan lahan pertanian di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. 


(RRN)