Makna 3 dan 5 PPP untuk Pilgub Jatim 2018

Amaluddin    •    Jumat, 25 Aug 2017 15:40 WIB
pilkada 2018
Makna 3 dan 5 PPP untuk Pilgub Jatim 2018
Saifullah Yusuf alias Gus Ipul saat mendaftar sebagai cagub di Pilgub Jatim ke DPW PPP Jatim, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menetapkan mahar Rp35 juta kepada calon gubernur yang mendaftar. Menurut Ketua DPW PPP Jatim Musyafak Noer, angka 35 memiliki makna dan filosofi.

Mahar PPP Jatim lebih kecil ketimbang PDI Perjuangan. Partai berlambang banteng itu menetapkan mahar sebesar Rp100 juta.

Baca: Mahar Rp100 Juta untuk Daftar Pilgub Jatim di PDI Perjuangan

"Bukan tanpa alasan. Jadi angka 3 sendiri merupakan simbol dari PPP, sedangkan angka 5 adalah simbol dari Rukun Islam. Khidmat PPP juga jumlahnya lima butir," kata Musyafak di kantor DPW PPP Jalan Kendangsari, Surabaya.

Sebenarnya, ujar Musyafak, mahar politik tak ada dalam Petunjuk Pelaksanaan Pilkada. DPP PPP juga tak menentukan besaran mahar, hanya ada biaya pendaftaran calon. 

"Nah munculnya angka Rp35 juta ini berasal dari istikharah politik PPP Jatim," katanya.

Masyafak melanjutkan, setelah proses pendaftaran calon, internal partai akan melalukan verifikasi berkas. Selanjutnya akan menggelar survei untuk mengetahui elektabiltas masing-masing calon yang mendaftar.

"Setelah mendaftar, kami akan lakukan survei internal. Dan kami juga meminta jika calon ada survei juga disampaikan ke panitia, sebagai bahan pertimbangan saat rapat pimpinan wilayah akhir September nanti," jelasnya.


(RRN)