Pegawai Pabrik di Sidoarjo Temukan Uang Cina Ratusan Tahun

Syaikhul Hadi    •    Sabtu, 09 Sep 2017 20:47 WIB
Pegawai Pabrik di Sidoarjo Temukan Uang Cina Ratusan Tahun
Ratusan keping uang logam Cina yang diduga berasal dari era dinasti Ming (1368-1644) dan dinasi Ching (1644-1911). Foto: MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Epin Sujadi, seorang pegawai pabrik ikan di Sidoarjo menemukan ratusan keping uang logam Cina kuno yang diprediksi berusia ratusan tahun. Diperkirakan uang tersebut berasal dari era dinasti Ming (1368-1644) dan dinasi Ching (1644-1911).

Pria paruh baya tersebut tak sengaja menemukan uang logam kuno tersebut saat menggali tanah untuk pondasi rumahnya di Dusun Beciro, Jumput Rejo, Sukodono Sidoarjo. Ratusan uang logam tersebut ditemukan di kedalaman satu meter terbungkus kantong berbahan kain.

"Terbungkus kantong kain yang sudah hancur," kata Epin, Sabtu, 9 September 2017 seraya menunjukkan koin tersebut.

Tak hanya keping logam China, dirinya pernah menjual sebuah guci kuno yang ditemukan beberapa tahun silam dibelakang rumahnya saat membangun kamar mandi. Tanpa tahu nilai guci tersebut, dia menjualnya dengan harga murah.

"Saya kira guci biasa. Ada yang mau beli, ya saya jual saja. Waktu itu laku Rp. 1,5 juta, " katanya.


Epin Sujadi, warga Dusun Beciro, Jumput Rejo, Sukodono Sidoarjo yang tak sengaja menemukan ratusan keping uang logam Cina kuno. Foto: MTVN/Syaikhul Hadi

Mengetahui hal itu, anggota Mapolsek Sukodono dan perangkat desa setempat mendatangi rumah Epin. Hal itu sempat menarik perhatian warga sekitar. Mereka berbondong-bondong turut mendatangi rumah Epin untuk melihat langsung.

Hingga kini, ratusan keping logam yang diduga logam China kuno tersebut berada dalam pengawasan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo.  Uang logam tersebut diduga berusia ratusan tahun karena menyerupai uang logam kuno China yang sudah beredar saat masa dinasti Ming dan dinasti Ching. Hal ini terlihat dari bentuk, ukuran dan hurufnya yang sama persis.



 
(SUR)