Polres Jombang Belum Tentukan Mekanisme Pengamanan UNBK 2017

Nurul Hidayat    •    Jumat, 17 Mar 2017 11:39 WIB
ujian nasional sma
Polres Jombang Belum Tentukan Mekanisme Pengamanan UNBK 2017
Siswa mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) -- ANT/Asep Fathulrahman

Metrotvnews.com, Jombang: Kepolisian Resort Jombang belum menentukan mekanisme pengamanan terkait pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017. Sebab, UNBK berbeda dengan ujian yang sebelumnya menggunakan kertas.

"Kita masih menunggu adanya TR dari Mabes Polri terkait mekanisme pengamanan UNBK di Kabupaten Jombang," ujar Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto di kantornya, Jalan K.H. Wahid Hasyim, Kepanjen, Jombang, Jawa Timur, Jumat, 17 Maret 2017.

Agung menjelaskan, pada pelaksanaan ujian nasional sebelumnya, Kepolisian mengambil peran dalam distribusi serta pengamanan soal-soal ujian. BIasanya, soal ujian dikumpulkan di Polres Jombang sebelum didistribusikan ke sekolah.

"Mekanisme tahun ini berbeda, semua serba digital dan menggunakan komputer sebagai sarana ujian. Soalnya semua sudah terpusat pada server yang ditentukan pihak penyelenggara, dalam hal ini Kementerian Pendidikan," terang Agung.

Menurut Agung, pihaknya siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk pengamanan pelaksanaan UNBK di Kabupaten Jombang.

Tahun ini, sebanyak 123 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di Kabupaten Jombang siap melaksanakan UNBK pada April mendatang. Sekolah dapat melaksanakan UNBK secara mandiri atau bergabung dengan sekolah lain.


(NIN)