Polisi Temukan Jaringan Listrik di Pasar Porong Baru Menyalahi Aturan

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 09 Nov 2016 15:37 WIB
kebakaran pasar
Polisi Temukan Jaringan Listrik di Pasar Porong Baru Menyalahi Aturan
Labfor mengidentifikasi penyebab kebakaran yang menghanguskan Pasar Porong Baru Sidoarjo

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Polisi terus mencari penyebab kendaraan yang menghanguskan 700 kios di Pasar Porong Baru Sidoarjo, Jawa Timur. Polisi menemukan pemasangan listrik di pasar tidak sesuai aturan.

Kapolsek Porong, Kompol Heri Mulyanto, mengatakan petugas melakukan olah tempat kejadian perkara terkait kebakaran. Salah satu hasil yang didapat yaitu pelanggaran dalam pemasangan jaringan listrik.

Heri menjelaskan sedianya jaringan listrik masing-masing toko berhubungan secara paralel dengan kantor pasar. Namun di lapangan, petugas menemukan jaringan listrik dipasang tanpa terkoneksi dengan kantor.

Heri mengatakan petugas masih membutuhkan waktu untuk mendalami temuan tersebut. Petugas juga masih menyelidiki kemungkinan lain yang menjadi penyebab kebakaran.

"Saat ini masih dalam proses pemeriksaan di lokasi kejadian dan meminta keterangan pedagang," kata Heri di Pasar Porong Baru, Rabu (9/11/2016).

Menurut Heri, polisi masih mencari penyebab kebakaran. Ia mengatakan polisi mengamankan sejumlah barang bukti seperti meteran, lampu, dan kabel.

Kebakaran, lanjut Heri, berasal dari sebuah toko kelontong di Blok E. Api kemudian merambat menghanguskan kios dan toko lain.

Api berkobar di Pasar Porong Baru mulai pukul 17.00 WIB kemarin. Dugaan sementara menyebutkan api muncul akibat korsleting listrik.

Angin kencang membuat api merambat menghanguskan ratusan kios. Tak ada korban dalam kejadian itu. Sementara kerugian masih dalam pendataan.


(RRN)