Jatim Usulkan Seragam Gratis untuk Siswa SMA/SMK Tahun Depan

Amaluddin    •    Senin, 31 Oct 2016 19:10 WIB
pendidikan
Jatim Usulkan Seragam Gratis untuk Siswa SMA/SMK Tahun Depan
Ilustrasi siswa SMA, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Dinas Pendidikan (Dispendik) Jawa Timur mengusulkan anggaran Rp4 triliun untuk mengelola SMA/SMK. Sebagian anggaran untuk pengadaan seragam gratis kepada 220 ribu siswa/siswi SMA dan SMK di Jatim.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman mengatakan orangtua tak perlu lagi pusing dengan beban seragam sekolah anak-anak. Sebab pada 2017, ratusan ribu siswa/siswi di Jatim akan mendapat seragam gratis dari pemerintah.

Selain itu, Dispendik juga mengusulkan pendidikan bebas biaya alias gratis. Sehingga beban orangtua untuk menyekolahkan anak-anak hingga level SMA dan SMK lebih ringan.

"Upaya ini bentuk kepedulian Provinsi terhadap sekolah SMA/SMK, jadi tidak benar kalau nanti dibilang tidak memperhatikan setelah diambil alih," katanya.

Saiful mengaku tengah memperjuangkan anggaran tersebut. Sementara Gubernur Soekarwo menyatakan setuju mengenai pengadaan seragam gratis.

Mulai tahun ajaran 2017/2018, pemerintah provinsi mengambil alih pengelolaan SMA/SMK sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah Pasal 15 ayat 1 dan 2 serta Lampiran huruf A tentang Pembagian Urusan Pemerintah Bidang Pendidikan dalam sub-urusan Manajemen Pendidikan.


(RRN)