Warga Malang Diimbau Antisipasi Hujan Disertai Angin Kencang

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 05 Feb 2019 13:13 WIB
cuaca ekstrem
Warga Malang Diimbau Antisipasi Hujan Disertai Angin Kencang
Hujan deras. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Malang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Jawa Timur, meminta warga mengantisipasi hujan dan angin kencang. Pasalnya, BPBD memprediksi ada peningkatan curah hujan. 

"Tidak menutup kemungkinan guyuran hujan sepanjang hari, karena dari ramalan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), Jawa Timur termasuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan intensitas tinggi," kata Kapala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kota Malang Nur Asmi, Selasa, 5 Februari 2019.

Menurut dia, saat ini, pihaknya telah menyiagakan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) dan  Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) selama 24 jam penuh. Persediaan logistik bantuan dan peralatan penanggulangan bencana juga turut disiapkan. 
 
"Lepas dari semua hal, yang terpenting adalah kewaspadaan, kesiapsiagaan, dan terus mencermati dinamika cuaca. Hal ini akan sangat membantu untuk meminimalkan dampak akibat bencana," pungkas dia.
 
Hujan deras terus mengguyur Kota Malang akhir-akhir ini. BPBD Kota Malang memperkirakan hari ini, hujan akan turun merata di lima kecamatan di Kota Malang. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bakal turun sekitar tengah hari hingga malam hari. 

Hujan deras diprediksi turun sekitar pukul 13.00 WIB. Temperatur udara diperkirakan berkisar antara 19-28 derajat celcius dan kelembaban total antara 75-100 persen. Sementara itu, kecepatan angin yang berembus mencapai 30 km/jam ke arah Timur Laut. 

Baca: Empat Rumah di Koja Rusak Diterpa Angin Kencang

Berdasarkan data weather station BPBD Kota Malang, sepanjang Januari 2019 tercatat hari hujan sebanyak 22 hari dengan tinggi hujan maksimum 31,5 mm. Mengingat musim penghujan masih berlangsung, prediksi hari dan tinggi hujan diperkirakan tak jauh berbeda dengan bulan lalu.
 
Menyikapi kejadian bencana yang beruntun menimpa Kota Malang akibat curah hujan yang tinggi, BPBD Kota Malang meminta warga waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan. Hal ini di antaranya mengenali potensi bencana di sekitar lingkungan untuk meminimalisasi risiko bencana.





(OGI)