16 Dusun Bangkalan tak Tersentuh Listrik

Rahmatullah    •    Sabtu, 07 Apr 2018 12:15 WIB
pln
16 Dusun Bangkalan tak Tersentuh Listrik
Ilustrasi listrik. Foto: Medcom.id/M Rizal

Bangkalan: Enam belas dusun di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, hingga kini belum teraliri listrik. Keenam belas dusun tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Geger, Klampis, dan Sepulu.

Manajer PT PLN Persero Bangkalan, Umar Arif mengatakan pemerataan aliran listrik seharusnya tidak dibebankan ke PLN. Pemerintah Kabupaten Bangkalan harus ikut serta membantu elektrifikasi ke daerah yang masih 'gelap'.

"Ini agar semua dusun di Bangkalan bisa mendapat pasokan listrik, dan tidak hanya dibebankan kepada PLN saja," ujarnya, Sabtu, 7 April 2018.

PLN Rayon Bangkalan, kata Umar, melayani Kecamatan Bangkalan, Arosbaya, Socah, Klampis, Sepulu, Tanah Merah, Tragah, Burneh, Geger, dan Galis.

“Yang perlu perhatian sekarang ini ya Kecamatan Geger, Klampis, dan Sepulu,” imbuhnya.

Umar mengklaim, PLN terus berupaya agar semua dusun dapat aliran listrik. Pihaknya sudah melakukan pengoperasian listrik desa (lisdes) di tiga dusun Desa Kelbung pada 2017. Termasuk satu dusun di Desa Klompang.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangkalan, Moh Fahri, menyebut tidak ada alokasi anggaran untuk penambahan jaringan listrik di tahun 2018. Sebab, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Pemkab Bangkalan. Salah satunya keterbatasan anggaran.

Selain itu, penanganan masalah listrik belum ada yang membidangi sejak adanya ketentuan organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru.

"Dulu bagian dinas pertambangan dan energi, tapi saat ini dinas itu telah dihapus," jelasnya.


(SUR)