BI Jember Siapkan Rp7,2 triliun untuk Lebaran

Kusbandono    •    Selasa, 22 May 2018 11:28 WIB
Ramadan 2018
BI Jember Siapkan Rp7,2 triliun untuk Lebaran
Ilsutrasi: Bank Indonesia memfasilitasi warga menukarkan uang

Jember: Tingginya kebutuhan masyarakat menukar uang pecahan baru jelang Lebaran membuat Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember menambah stok ketersediaan uang pecahan.

“Kami menyiapkan Rp7,2 triliun, meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya Rp4,8 triliun,” kata Kepala Perwakilan BI Jember Hestu Wibowo di kantornya Selasa, 22 Mei 2018.

Menurut Hestu, tingginya kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan dipengaruhi oleh panjangnya libur dan cuti Lebaran hingga 10-12 hari.

“Kenaikan ini bisa dimaklumi, dan dipastikan berdampak terhadap melonjaknya kebutuhan penukaran uang pecahan oleh masyarakat, utamanya yang hendak merayakan Idulfitri,” ungkap Hestu.

Oleh sebab itu, lanjutnya Hestu, BI Jember siap memenuhi kebutuhan penukaran uang baru bekerja sama dengan 7 perbankan dan 97 titik kantor cabang yang tersebar di Jember. 

“Diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat terkait penukaran uang pecahan,” imbuhnya.

Selain dengan bank swasta, BI juga bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember membuka layanan penukaran uang melalui kegiatan bazar murah Ramadan di setiap kecamatan.


(ALB)