Sumenep Rawan Kecelakaan Kendaraan Roda Dua

Rahmatullah    •    Rabu, 06 Jun 2018 16:20 WIB
kecelakaan lalu lintas
Sumenep Rawan Kecelakaan Kendaraan Roda Dua
Ilustrasi kecelakaan, Medcom.id

Sumenep: Polres Sumenep, Jawa Timur, mengimbau pengendara roda dua lebih berhati-hati saat mudik dan balik Idulfitri. Sebab, kecelakaan sepeda motor lebih dominan ketimbang roda empat. Meski jalan raya terbilang sudah bagus, tapi di berbagai titik masih dihiasi lubang.

“Cukup tinggi pengendara roda dua yang meninggal dunia akibat kecelakaan,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Fadillah Zulkarnaen, Rabu, 6 Juni 2018.

Selain itu, kata dia, kecelakaan juga disebabkan pengendara yang mengebut di wilayah padat pendudukan, lalu tiba-tiba muncul kendaraan lain di gang-gang sempit sehingga menimbulkan kecelakaan. Sebab itu, Fadillah berharap pengendara roda lebih berhati-hati saat liburan panjang nanti.

“Patuhi peraturan lalu lintas. Yang mestinya pakai helm, ya pakai helm dengan cara benar,” imbaunya.

Untuk pengamanan di wilayah kepulauan, Fadillah mengaku sudah berkoordinasi dengan semua instansi terkait. Koordinasi tersebut juga diakuinya untuk mengantisipasi jumlah lonjakan pemudik.

Dia juga meminta instansi terkait mendirikan tenda tempat instirahat di dekat pelabuhan. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kendala pemberangkatan kapal, seperti kapal rusak dan gelombang tinggi. Jika pemberangkatan kapal itu tertunda, Fadillah berharap masyarakat merasa tetap nyaman dengan adanya tenda tersebut.

“Saya juga sudah minta dinas terkait untuk memberikan pelayanan ketika ada masyarakat yang tiba-tiba sakit,” katanya.

Lebih jauh dia memaparkan, Polres Sumenep menerjunkan 113 personel untuk pengamanan mudik-balik tahun ini. Semua personel tersebut disebar di sejumlah titik. Selain itu, polisi juga dibantu 82 personel lain dari instansi terkait. Mereka akan disiagakan sejak tanggal 4 hingga 27 Juni 2018


(RRN)