Bonek Jombang Galang Dana untuk Garut

Nurul Hidayat    •    Minggu, 25 Sep 2016 08:42 WIB
banjir bandang garut
Bonek Jombang Galang Dana untuk Garut
Aksi penggalangan dana Bonek Jombang di Jl Wahid Hasyim, Jombang, Jatim, Minggu (25/9/2016). (Metrotvnews.com/Nurul Hidayat)

Metrotvnews.com, Jombang: Puluhan Bonek dan Bonita Mania Kabupaten Jombang, Jawa Timur, meminta sejumlah uang kepada warga yang menikmati hari bebas kendaraan di Jalan KH Wahid Hasyim, Minggu, 25 September.  

Dengan kardus dan kotak seadanya, mereka meminta kerelaan warga untuk menyisihkan sebagian uang guna membantu korban banjir bandang di Kabupaten Garut, Jawa Barat. 

Baca: Satu Korban Banjir Bandang Garut Ditemukan di Jatigede

"Dengan aksi ini diharapkan mampu sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musibah banjir bandang," ujar Jaka Nurma Novendrianto, 26, Koordinator Bonek wilayah Jombang, saat ditemui Metrotvnews.com.

Jaka menambahkan, dana yang terkumpul akan ditransfer kepada perwakilan Bnek di Kabupaten Garut. Sedangkan bantuan berupa barang akan dikirim melalui jasa pengiriman.

Lukman, 30, salah satu Bonek Mania mengaku aksi penggalangan dana ini juga sebagai upaya mengubah citra, bahwa suporter bola pun peduli kemanusiaan.

"Diharapkan menjadi contoh suporter bola lain, bahwa jiwa nasionalisme serta peduli sesama harus ada di setiap jiwa para suporter bola. Tidak saja kepada fanatisme kelompok," tandasnya.

Banjir bandang menerjang Kabupaten Garut pada Selasa malam, 20 September. Banjir melanda tujuh kecamatan, yakni Bayongbong, Garut Kota, Banyu Resmi, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Karang Pawitan, dan Samarang. Data sementara, 30 orang ditemukan meninggal, 22 lainnya masih dalam pencarian.


(SAN)