Gempa Situbondo

Warga Selamat setelah Dengar Pengumuman dari Musala

Rahmatullah    •    Kamis, 11 Oct 2018 15:31 WIB
Gempa Situbondo
Warga Selamat setelah Dengar Pengumuman dari Musala
Warga di Sumenep menunjukkan kerusakan bangunan akibat guncangan gempa yang berpusat di Situbondo, Kamis 11 Oktober 2018, dok: BNPB

Sumenep: Alat pengeras suara menjadi cara warga di Desa Pragaan Daja, Sumenep, Jawa Timur, untuk menyiarkan informasi gempa. Warga lalu diminta keluar dari rumah dan bertahan sementara di luar bangunan.

Maimunah, warga Desa Pragaan Daja, mengaku mendengar informasi yang disampaikan melalui alat pengeras suara dari musala setempat. Ia dan keluarga lalu berlarian menyelamatkan diri meninggalkan rumah.

"Untuk berjaga-jaga kemungkinan terjadi getaran gempa susulan," kata Maimunah, Kamis, 11 Oktober 2018.

Biasanya, ujar Maimunah, alat tersebut digunakan untuk membangunkan warga untuk salat Tahajud. Lalu, alat pelantang itu berbunyi lagi menjelang subuh. 

Tapi kali ini justru menyiarkan bencana alam. Dia bersyukur di daerahnya tidak sampai terjadi kerusakan rumah. Ia mengatakan tak ada korban jiwa.

Kepala BMKG Kalianget Sumenep, Usman Khalid, mengimbau warga tetap tenang. Ia meminta warga menunggu informasi resmi dari BMKG terkait perkembangan kondisi.

“Pusatnya memang bukan di Sumenep, tapi antara 50 sampai 51 Km dari Situbondo. Hanya saja bisa dirasakan di Sumenep,” ujarnya.

Lihat video:
 


(RRN)