Banjir Rendam Rapor 120 Siswa di Malang

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 11 Dec 2018 17:42 WIB
bencana banjir
Banjir Rendam Rapor 120 Siswa di Malang
Dokumen di SMPN 18 Kota Malang rusak terendam banjir, Selasa, 11 Desember 2018, Medcom.id - Daviq

Malang: Banjir di belakang SMPN 18 Kota Malang, Jawa Timur, terjadi lantaran penyempitan sungai. Kejadian itu mengakibatkan dokumen dan rapor 120 siswa rusak terendam air.

Banjir terjadi pada Senin sore, 10 Desember 2018. Aliran air dari jalan raya masuk ke sekolah. Saat hujan turun, sungai tak kuat menampung air.

"Banjir juga dikarenakan pagar sepanjang 20 meter milik sekolah yang hancur diterjang banjir," ujar Azis Gubaedi, guru pendidikan lingkungan hidup di SMPN 18 Kota Malang, Selasa, 11 Desember 2018.

Aziz pun meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk segera memberikan solusi guna menanggulangi banjir di kawasan sekolahnya. Salah satunya dengan memperlebar saluran air.


(Siswa bergotong royong membersihkan sekolah yang terendam banjir di Malang, Selasa 11 Desember 2018, Medcom.id - Daviq Umar)

"Saluran air bagian belakang diperlebar sehingga tidak ada penyempitan saluran. Kedua, kami minta perbaiki pagar roboh sepanjang 20 meter sebelah barat sekolah, karena pagar itu roboh karena banjir. Karena kami khawatir, bisa jadi banjir terulang ketika hujan deras," ujarnya.

Selain merendam halaman sekolah, banjir juga merusak dokumen di sekolah tersebut. Termasuk Sebagai informasi, akibat banjir tersebut, sejumlah dokumen milik SMPN 18 Kota Malang terendam air. Bahkan, rapor milik sekitar 120 siswa tak bisa diselamatkan karena mengalami rusak parah.

Pantauan Medcom.id, siswa SMPN 18 membersihkan sekolah. Sejumlah peralatan sekolah mulai dari bangku hingga dokumen dibawa keluar dari ruang kelas.

Peralatan sekolah itu kemudian diletakkan di lapangan sekolah untuk di jemur di bawah sinar matahari. Selain peralatan sekolah, peralatan kesenian gamelan di aula juga diboyong keluar untuk dibersihkan.



(RRN)