Gus Nur Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

Amaluddin    •    Kamis, 22 Nov 2018 18:32 WIB
ujaran kebencian
Gus Nur Jadi Tersangka Ujaran Kebencian
Ilustrasi hukum, Medcom.id - M Rizal

Surabaya: Polda Jawa Timur menetapkan Sugi Nur Raharja atau Gus Nur sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian. Ia dinilai melontarkan pernyataan negatif terhadap Banser Nahdlatul Ulama (NU).

"Tapi kami belum melakukan penahanan. Sebab Gus Nur berjanji kooperatif untuk menjalani pemeriksaan dan tak akan melarikan diri," ujar Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Harissandi, di Surabaya, Jatim, Kamis, 22 November 2018.

Harris mengaku mendengarkan keterangan ahli bahasa dalam kasus tersebut. Penyidik juga meminta keterangan dari saksi ahli informasi dan transaksi elektronik (ITE) serta dua ahli pidana.

Polisi mengamankan barang bukti berupa alat pembuat video vlog dan bukti video yang telah dibuat. Atas perbuatannya, Gus Nur dijerat Pasal 27 ayat 3 dan pasal 45 ayat 3 UU ITE dengan ancaman hukaman empat tahun penjara. 

Pertengahan September lalu, Forum Pembela Kader Muda NU melaporkan Gus Nur ke Polda Jatim. Pria yang kerap berceramah via media sosial YouTube itu dilaporkan lantaran diduga telah menghina Banser di dalam video berdurasi satu menit 26 detik yang diunggah di media sosial tersebut.

Dalam laporannya tersebut, Forum Pembela Kader Muda NU juga menyerahkan barang bukti berupa satu keping Compact Disc (CD) yang berisi video yang dianggap menghina warga NU.


(RRN)