BBPJN Beri Saran Teknis terkait Konstruksi Jalan Ambles di Surabaya

   •    Rabu, 19 Dec 2018 10:31 WIB
Tanah Ambles di Gubeng
BBPJN Beri Saran Teknis terkait Konstruksi Jalan Ambles di Surabaya
Sejumlah petugas pemadam kebakaran memeriksa kondisi tanah ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: ANTARA/Didik Suhartono)

Jakarta: Pemerintah menjamin segera melakukan kajian terkait amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 18 Desember 2018. Hal ini untuk memastikan konstruksi seperti apa yang bisa dilakukan di lokasi tersebut pada tahap selanjutnya.

"Kita akan membantu memberikan saran teknis terhadap pekerjaan selanjutnya. Sementara akan dilakukan analisis dan kajian untuk menjamin pada radius berapa masyarakat bisa beraktivitas dengan aman," ujar Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Ketut Dharmawahana dalam Selamat Pagi Indonesia Metro TV, Rabu, 19 Desember 2018.

Selain memberi saran teknis terkait konstruksi, pemerintah juga akan mencari tahu penyebab amblesnya proyek yang diduga pembangunan basement Rumah Sakit Siloam Surabaya. Ia memastikan proses kajian akan dilakukan dengan cepat untuk mengantisipasi agar peristiwa serupa tidak terulang.
 
"Tim sudah dibentuk oleh pemerintah daerah nanti koordinasi dengan kepolisian. Nanti baru disimpulkan konstruksi apa yang pas di masa depan," ungkapnya.

Ketut menambahkan saat ini belum diketahui pasti penyebab amblesnya proyek basement RS Siloam. Pihaknya menyerahkan penuh proses pengkajian kepada tim ahli.




(MEL)