BPBD Jawa Timur: Tidak Ada Tanda Tsunami

Amaluddin    •    Rabu, 02 Jan 2019 14:57 WIB
tsunami
BPBD Jawa Timur: Tidak Ada Tanda Tsunami
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Surabaya: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur memastikan hingga hari ini wilayahnya aman dari tsunami. Meski demikian, warga yang berada di daerah selatan Jawa Timur diminta tetap waspada.

Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur, Suban Wahyudiono mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD di daerah-daerah lain untuk memastikan keamanan tersebut.

"Alhamdulillah setelah saya koordinasi dengan BPBD di daerah, tidak ada tanda-tanda akan terjadi tsunami. Kami pastikan Jatim aman," kata Suban di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 2 Januari 2019.

Suban menjelaskan, untuk mengantisipasi bencana, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo juga sudah mengirim surat kepada seluruh Bupati/Wali Kota untuk meningkatkan kewaspadaan. Suban juga meminta masyarakat Jatim tidak panik dan tidak mudah terpancing informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Kami minta masyarakat utamanya yang berada di daerah pesisir selatan Jatim tetap harus waspada. Kami minta masyarakat untuk sementara ini juga menghindari wisata wilayah pantai," ungkap Suban.

Tak hanya itu, Suban juga mengingatkan agar nelayan tak melaut untuk sementara ini. Mengingat cuaca laut masih belum aman karena gelombang tinggi disertai angin kencang. "Sebaiknya para nelayan jangan melaut dulu, karena cuaca laut masih gelombang tinggi dan angin kencang," pungkas Suban.


(DEN)