Bus Sekolah Surabaya Bisa Dibayar Pakai Sampah Plastik

Amaluddin    •    Jumat, 02 Feb 2018 18:49 WIB
bus sekolah
Bus Sekolah Surabaya Bisa Dibayar Pakai Sampah Plastik
Ilustrasi bus sekolah. Foto: MI/Panca Syurkani

Surabaya: Sebuah metode pembayaran baru untuk bus sekolah di Surabaya, Jawa Timur, diberlakukan. Menariknya, pelajar dapat membayar ongkos dengan sampah plastik.

"Anak-anak (pelajar) yang tidak punya uang untuk bayar bus sekolah, cukup bayar dengan sampah plastik sebanyak satu kresek," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, di Surabaya, Jumat, 2 Februari 2018.

Risma mengatakan ide ini diterapkan karena sampah plastik yang mengancam merusak lingkungan. Kebijakan ini diterapkan di setiap pemberhentian yang mengarah ke utara dan selatan.

Risma mengaku telah mengkaji modifikasi titik pemberhentian bus untuk menyesuaikan kebijakan ini.

“Nanti setiap anak yang akan turun dari bus sudah membawa satu kresek sampah, kemudian sampah tersebut dibuang di tempat sampah yang sudah disediakan oleh dinas kebersihan di masing-masing halte,” katanya.

Dia juga menyebut akan ada tambahan bus untuk angkutan warga di Surabaya. Bus ini berasal dari dari corporate social responsibility (CSR) dan bantuan pemerintah pusat dengan jenis bus berlantai rendah (lower deck).

Menurut dia, bentuk lower deck sangat membantu bagi orang tua, orang berkebutuhan khusus dan perempuan yang memakai sepatu hak tinggi.

"Tempat duduk bus dari CSR ini ada pemisah tempat duduk antara laki-laki dan perempuan. Khusus untuk pemisah tempat duduk utamanya untuk menjaga keamanan, tidak ada maksud lain. Insyaallah pengadaan bus baru akan datang pada bulan ini," ujarnya.


(SUR)