Gubernur Minta Warga di Selatan dan Utara Jatim Waspada Bencana

Syaikhul Hadi    •    Minggu, 26 Nov 2017 16:43 WIB
bencana alam
Gubernur Minta Warga di Selatan dan Utara Jatim Waspada Bencana
Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam acara puncak peringatan Hari Guru Nasional di Sidoarjo, Minggu, 26 November 2017, MTVN - Hadi

Sidoarjo: Bencana merupakan masalah yang tak bisa diprediksi, tapi dapat ditanggulangi. Lantaran itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta jajaran pejabat pemerintahan bersiap menanggulangi bencana.

Penanggulangan, kata pria yang akrab disapa Pakde Karwo, itu berupa persiapan armada pengangkut untuk mengevakuasi warga, tenaga, dan logistik. Pakde Karwo meminta warga juga waspada karena saat ini sedang dalam masa peralihan musim.

"Waspadai banjir, puting beliung, longsor, dan lainnya," kata Pakde Karwo usai menghadiri acara puncak peringatan Hari Guru Nasional di Gelora Delta Sidoarjo, Minggu, 26 November 2017.

Pakde Karwo mengatakan bencana harus diwaspadai di wilayah selatan dan utara Jawa Timur. Di selatan, bencana longsor berpotensi terjadi di Malang, Probolinggo, dan Banyuwangi. Sedangkan banjir menjadi masalah di wilayah utara seperti Gresik, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro.

"Bengawan Solo (di wilayah utara) ini kan hanya satu bendungan yang hanya bisa menahan air laut jangan sampai masuk ke darat. Makanya, daerah-daerah tersebut harus diwaspadai," terangnya. 

Menurut Pakde Karwo, anggaran dana bencana tak bisa ditawar. Tapi pemerintah dapat mengajukan penambahan anggaran kebencanaan bila dana yang sudah ada tak cukup.

"Dananya unlimited alias tak terbatas. Kalau kurang dari Rp100 miliar, minta lagi ke DPRD," tandasnya. 


(RRN)