KPK Periksa Saksi-saksi Kasus Suap Perekrutan ASN Nganjuk

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 08 Dec 2017 16:12 WIB
kasus korupsi bupati nganjuk
KPK Periksa Saksi-saksi Kasus Suap Perekrutan ASN Nganjuk
Bupati Nganjuk Taufiqurrahman saat keluar dari gedung KPK -- Foto: Antara/ Akbar Nugroho Gumay

Surabaya: Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) memeriksa saksi-saksi terkait dugaan suap penerimaan hadiah atau janji  perekrutan dan pengelolaan ASN/PNS di Kabupaten Nganjuk Tahun 2017 dengan tersangka Bupati Nganjuk, Taufiqurrahman. Pemeriksaan saksi-saksi dilakukan sejak 5 hingga 9 Desember 2017 di Mapolres Madiun Kota.

Adapun saksi yang diperiksa ialah, Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Nganjuk, Budi Sucahyo; Sekretaris Dinas Kominfo Pemkab Nganjuk, Muslim Harsoyo; Kepala Kecamatan Rejoso, Nganjuk, Harianto; ASN (guru SMPN 6 Nganjuk), Sarwo ; Staff Kecamatan Rejoso, Nganjuk, Agus Mulyono; Ketua LSM Kelompok Studi Pengembangan dan Demokratisasi (KPSD), Nganjuk, Totok Budi Hartono; dan Kabid Holtikultura Dinas Pertanian, Nganjuk Totok Prastowo (diwakilkan kuasa hukumnya). 

"Pemeriksaan dimulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera kepada Medcom.id, Jumat 8 November.

Baca: KPK Tahan Bupati Nganjuk

Menurut Frans, ada 15 penyidik dari KPK yang memeriksa saksi-saksi. Pemeriksaan dipimpin AKBP Diky W. Pemeriksaan itu merupakan tindak lanjut dari penetapan tersangka dan penahanan Bupati Nganjuk Taufiqurrahman. 

"Sampai kemarin, sudah ada 17 lebih saksi yang sudah dilakukan pemeriksaan. Ini akan terus dikembangkan sampai besok," jelasnya. 

Polda Jatim sangat mendukung atas kegiatan yang dilakukan oleh tim penyidik KPK. Pihaknya akan melakukan pengaman jika ada yang menganggu jalannya pemeriksaan.

"Alhamdulillah sejauh ini masih kondusif. Kita terus berkoordinasi dengan Polres Nganjuk untuk tetap memonitor situasi antara pro dan kontra terkait kasus praktek jual beli jabatan tersebut," tandasnya. 


(ALB)