Khawatir tak Bisa Mudik, Penumpang Nekat Naik ke Atap Kapal

Rahmatullah    •    Minggu, 18 Jun 2017 22:21 WIB
mudik lebaran 2017
Khawatir tak Bisa Mudik, Penumpang Nekat Naik ke Atap Kapal
Penumpang nekat naik ke atap kapal di Pelabuhan Kalianget Sumenep -- Foto: MTVN/ Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Penumpang KM Dharma Bahari Sumekar I di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur, membludak pada Minggu 18 Juni 2017. Penumpang kapal tujuan Pulau Kangean dan Sapeken itu, berebutan menaiki kapal.

Meski belum memiliki tiket, ratusan penumpang langsung naik kapal. Mereka khawatir tidak bisa mudik. Penumpang yang tidak kebagian tempat duduk pun terpaksa berdiri. Bahkan, keinginan lebaran di kampung halaman menyebabkan sebagian penumpang nekat naik ke atap kapal.

Pihak kapal akhirnya, berinisiatif menjauhkan kapal dari pelabuhan untuk menghindari lonjakan penumpang. Kapal berhenti di tengah laut sambil menunggu izin syahbandar untuk berlayar.

Penumpang tujuan Kangean, Dafir, mengungkapkan sebenarnya tidak enak menumpang kapal berdesakan. Tapi karena khawatir tidak bisa mudik, ia mengaku terpaksa ikut KM Dharma Bahari Sumekar I itu.

“Demi lebaran sama orang tua, mau enak atau nggak ya harus dijalani,” terang Dafir.

Manager operasional KM Dharma Bahari Sumekar I, Bambang Suprio, menuturkan sejak pagi penumpang sudah menumpuk di pelabuhan. Dia membenarkan kapal diberangkatkan lebih awal untuk menghindari lonjakan penumpang.

“Jdi sementara kapal ke tengah dulu sambil menunggu izin berlayar,” jelas Bambang.

Karena penumpang overload, kapal sempat miring ke kiri ketika keluar dari pelabuhan. Kebanyakan penumpang memang menumpuk di sisi kiri kapal. Kapal ini akan menempuh perjalanan laut selama 9 jam ke Pelabuhan Kangean. Lalu dari Kangean ke pelabuhan Sapeken membutuhkan waktu sebanyak 14 jam.


 


(Des)