Lima Desa di Sumenep Diterjang Puting Beliung

Rahmatullah    •    Senin, 20 Nov 2017 19:16 WIB
puting beliung
Lima Desa di Sumenep Diterjang Puting Beliung
Atap rumah warga Desa Kertasada Sumenep roboh diterjang puting beliung - MTVN/ Rahmatullah

Sumenep: Puting beliung mengamuk di lima desa di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin 20 November 2017. Lima desa itu yakni, Desa Kertasada, Marengan Laok, Karang Anyar, dan Kalimo'ok. Semuanya di Kecamatan Kalianget. Satu lagi di Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi. 

"Data sementara yang kami terima, sebanyak 21 Kartu Keluarga (KK) kena puting beliung itu. Dan data itu masih dari satu desa, yaitu Desa Kertasada. Untuk data desa lain akan menyusul," kata Yadhi, Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Senin 20 November 2017.

Yadhi bersyukur tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu. Hanya satu korban luka yang terkena reruntuhan material rumah. Tapi dia memastikan korban luka itu tidak parah, sehingga hanya perlu perawatan biasa.

Dia mengimbau warga lebih berhati-hati di wilayah tersebut. Karena tiap awal musim hujan, daerah itu memang berpotensi disapu puting beliung. Dia berharap warga melakukan antisipasi awal, sehingga tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Sumenep, Suwardi, mengatakan, tidak hanya rumah warga yang diamuk puting beliung. Tapo 2 gudang penyimpanan garam PT Garindo dan sejumlah toko warga pun terkena keganasan puting beliung. Sejumlah bangunan tersebut rusak parah.

"Untuk kerugian material, kami belum bisa memastikan," kata Suwardi.
 
Dia mengaku langsung berkoordinasi dengan pihak PLN setempat untuk pemutusan sambungan listrik. Hal itu diakui agar situasi terkendali pasca terjadinya puting beliung. Polisi juga berkoordinasi dengan relawan Desa Siaga Bencana (Destana) untuk melakukan tindakan di lokasi bencana.

Sementara untuk korban luka, Suwardi juga memastikan hanya satu orang. Yaitu Siti Hawiya, 80, asal Dusun Kerkop Desa Kertasada. Hawiyah mengalami luka di bagian kepala dan sudah rawat jalan dari Puskesmas Kalianget.



(ALB)