Jalur Utama Gresik - Surabaya Banjir dan Macet

Amaluddin    •    Jumat, 24 Nov 2017 19:08 WIB
banjir
Jalur Utama Gresik - Surabaya Banjir dan Macet
Suasana Jalan Oso Wilangun, Surabaya, Jumat, 24 November 2017, MTVN - Amaluddin

Surabaya: Puluhan kendaraan roda dua di Jalan Oso Wilangun, Surabaya, Jawa Timur, mogok. Sebab banjir merendam jalan yang menjadi jalur utama Surabaya menuju Gresik itu.

“Sebenarnya kalau tidak macet, motor tidak akan mogok,” kata Himawan, warga asal Gresik, saat hendak pulang kerja dari arah Surabaya, Jumat, 24 November 2017.

Jalan sepanjang dua kilometer itu banjir dengan ketinggian air sekitar 20-30 cm. Pengendara sepeda motor terpaksa berhenti karena mesin mogok. Tapi sebagian dari mereka tetap melintas menerjang tingginya air di ruas jalan tersebut.

Bahkan, tak sedikit roda dua yang melawan arus, memutar balik untuk menghindari banjir. Akibatnya, kendaraan roda empat, truk, dan kontainer memilih berhenti, guna menghindari kecelakaan.

“Mereka gak tahu kalau jalan dari arah Surabaya banjir dan macet total, setelah tahu mereka memilih mutar balik menuju arah Gresik,” kata Mujib, sopir truk.

Banjir di Jalan Oso Wilangun memang memprihatinkan. Kondisi jalan tak terlihat karena banjirnya setinggi lutut orang dewasa. 

“Bukan rahasia umum lagi, di jalan ini memang sering banjir kalau hujan,” kata Mujib.

Hingga pukul 18.00 WIB, ketinggian air masih cukup tinggi. Kemacetan masih terjadi.


(RRN)