Polres Sidoarjo Coba Terapkan SKCK Online

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 31 Aug 2016 15:45 WIB
polri
Polres Sidoarjo Coba Terapkan SKCK <i>Online</i>
Salah seorang warga Sidoarjo menjajal layanan SKCK online di Mapolres Sidoarjo, Jatim, Rabu (31/8/2016). (Metrotvnews.com/Syaikhul Hadi)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Masyarakat Sidoarjo, Jawa Timur, kini tak perlu resah ketika membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Pasalnya, Kepolisian Resor Sidoarjo sebentar lagi akan meluncurkan SKCK berbasis daring.

"Alhamdulillah, lebih mudah sekarang. Tak terlalu ribet, dan waktunya sangat singkat," ujar Susretnowati, salah satu warga saat uji coba SKCK online di Mapolres Sidoarjo, Rabu, (31/8/2016).

Dia mengaku sebelumnya menghabiskan waktu hingga seminggu untuk mengurus SKCK. Mulai dari keterangan RT, RW, dan dinas terkait. Dengan SKCK online, menurutnya, jauh lebih efisien.

Sementara, Kapolres Sidoarjo, AKBP Muhammad Anwar Nasir mengatakan uji coba SKCK online merupakan inovasi yang dimunculkan oleh kepolisian untuk mempermudah masyarakat dalam hal layanan publik. Sebagaimana yang sudah masuk dalam program prioritas Polri. 

"Inovasi ini masuk dalam program peningkatan pelayanan publik berbasis IT. Untuk saat ini, hanya uji coba. Insha Allah ke depannya nanti juga ada SKCK keliling," ungkap Anwar. 

Dia menjelaskan, pembuatan SKCK bisa diakses di www.skcksidoarjo.net. Setelah mendaftar melalui website, pendaftar akan mendapatkan kode booking

"Nah, setelah dapat kode booking, baru nanti ke polres maupun polsek terdekat dengan membawa identitas (KTP), baru bisa terlayani," jelasnya. 

Dia mengklaim sistem ini terhubung di polsek jajaran Polres Sidoarjo. "Jadi, tidak perlu repot-repot ke polres. Cukup di polsek masing-masing," tegasnya.


(SAN)