30 Tahun Dipasung, MS Akhirnya Dibawa ke RSJ

Aditya Mahatva Yodha    •    Senin, 31 Oct 2016 13:37 WIB
pasung
30 Tahun Dipasung, MS Akhirnya Dibawa ke RSJ
MS dimandikan petugas usai berhasil dievakuasi dari ruang pasungan. (Foto-foto: Metrotvnews.com/Aditya Mahatva Yodha)

Metrotvnews.com, Malang: Pria berinisial MS, akhirnya bebas dari rumah pasungan yang dibangun orangtuanya. Warga Kelurahan Panarukan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur akan dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr. Radjiman Wediodiningrat, Lawang.

Pria yang dipasung selama 30 tahun ini bebas setelah tim RSJ Dr Radjiman bersama Dinas Sosial Jatim menjemputnya pada Senin, 31 Oktober.

"MS dipasung sejak remaja, saat itu dia masih kelas 3 SMA. Dipasung di dalam ruangan karena sering membuat onar saat penyakitnya kambuh," ujar Lurah Kelurahan Panarukan, Sugeng kepada Metrotvnews.com, Senin (31/10/2016).

Selama di dalam ruangan pasung, akses ke dunia hanya jendela jeruji besi berukuran 50 sentimeter x 40 sentimeter. Dari jendela itu pula makanan untuk MS dimasukkan.


Petugas melobangi tembok bangunan untuk memasung MS.

Suasana pembebasan MS dari pasungan berjalan dramatis, dan menjadi perhatian puluhan warga sekitar. Pembebasan yang dilakukan oleh tim gabungan ini membutuhkan kerja ekstra keras. Petugas harus membobol tembok pembatas, untuk masuk ke dalam ruang pasung dan mengeluarkan MS.

Berbekal gancu dan palu, petugas menghancurkan tembok yang mempunyai ketebalan sekitar 15 sentimeter tersebut. Petugas berhasil mengevakuasi pasien setelah menerobos lubang tembok dan membius pasien.

Usai dikeluarkan, MS dimandikan petugas sebelum diangkut ambulans menuju RSJ.

Sementara pihak keluarga MS, yang sudah tua tidak bisa memberikan keterangan apapun terkait hal pemasungan tersebut.


(SAN)