Seluruh Perusahaan di Jombang Bayar Upah Sesuai Aturan

Nurul Hidayat    •    Kamis, 09 Mar 2017 13:07 WIB
upah
Seluruh Perusahaan di Jombang Bayar Upah Sesuai Aturan
Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jombang -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Jombang memastikan, 700 perusahaan di Kabupaten Jombang sudah membayarkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sesuai ketentuan, yakni Rp2.082.730.

"Hanya saja, untuk mereka yang tergolong dalam usaha home industri belum membayarkan upah sesuai dengan UMK. Namun, ada kesepakatan antara pegawai dan pemilik usaha," kata Kepala Disnaker Kabupaten Jombang Heru Widjajanto di kantornya, Jalan K.H. Wahid Hasyim, Jombang, Jawa Timur, Kamis, 9 Maret 2017.

Heru menambahkan, tidak ada hambatan pelaksanan pembayaran UMK di Kabupaten Jombang. Sebab, sebelumnya Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Jombang dengan para serikat pekerja sudah ada titik temu terkait besaran UMK yang diberlakukan.

"Mengaca pada 2016, pembayaran UMK di Kabupaten Jombang terbilang cukup lancar. Pembahasan UMK tidak alot dan dapat dilaksanakam dengan baik," terangnya.

Disnaker Kabupaten Jombang juga memastikan, perusahaan sudah memenuhi kebutuhan pekerja dengan menjaminkan asuransi kesehatanya di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan. "Mereka yang sudah membayar UMK sesuai dengan ketentuan juga sudah menanggung bpjs karyawannya," pungkas Heru.


(NIN)