Siswa Bersihkan Popok dan Sampah Plastik dari Sungai Gambiran

Nurul Hidayat    •    Rabu, 12 Oct 2016 11:20 WIB
lingkungan
Siswa Bersihkan Popok dan Sampah Plastik dari Sungai Gambiran
Siswa bersih-bersih Sungai Gambiran di Jombang, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Ratusan siswa SMA di Jombang, Jawa Timur, membersihkan Sungai Gambiran. Pasalnya, sungai tersebut kerap meluap di musim hujan.

Aksi bersih-bersih berlangsung sejak Rabu pagi 12 Oktober. Sungai berada di depan SMA N 1 Mojoagung. Sehingga saat sungai meluap, sekolah ikut banjir.

Para siswa membawa sejumlah alat misalnya sabit, cangkul, dan karung plastik. Mereka memunguti sampah yang menumpuk di sepanjang aliran sungai.

Mereka menemukan beragam sampah yang menghambat aliran sungai. Ada popok, bungkus deterjen, hingga sampah plastik. Mereka lalu membawa sampah tersebut ke sebuah kendaraan khusus untuk pembuangan sampah.

Kepala SMAN Mojoagung, Ahmad Danang Huri, mengakui banjir kerap merendam halaman sekolah saat hujan turun dengan deras. Sungai mendangkal lantaran sampah menghambat aliran air. 

"Sebenarnya, kegiatan ini menjadi agenda rutin sekolah. Agar banjir tak terus mengganggu kegiatan belajar mengajar," kata Ahmad.

Siswa juga memasang papan yang mengingatkan warga tak membuang sampah di Sungai Gambiran. Selain itu, siswa juga menggelar program bank sampah.

"Setiap dua botol sampah akan diganti dengan semangkok kolak kacang hijau," lanjut Ahmad.



(RRN)