Pilkada Jawa Timur

PDIP Berencana Usung Risma di Pilgub Jatim

Amaluddin    •    Sabtu, 18 Mar 2017 17:07 WIB
pilkada 2018
PDIP Berencana Usung Risma di Pilgub Jatim
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat bersaksi di Mahkamah Konstitusi. Foto:Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Surabaya: Tidak hanya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang bakal mengusung kadernya maju sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilgub 2018. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan juga bakal mengusung kader terbaiknya, yakni Tri Rismaharini alias Risma (kini Wali Kota Surabaya).

Sekretaris DPC PDIP Surabaya, Syaifudin Zuhri, mengatakan DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya serius mendukung Risma untuk Jatim 1. Keseriusan ini akan dibuktikan pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDIP Jawa Timur April mendatang. "Akan kita usulkan di Rakerda," kata pria yang juga anggota DPRD Kota Surabaya itu, Sabtu 18 Maret 2017.

Syaifuddin menilai sosok Risma layak ikut berkompetisi dengan sejumlah kandidat Pilgub Jatim, yang kini ramai diperbincangkan. Beberapa nama yang mulai muncul adalah Khofifah Indar Parawansa (kini Menteri Sosial), Saifullah Yusuf alias Gus Ipul (kini Wakil Gubernur Jatim), dan Abdul Halim Iskandar (kini Ketua DPRD Jatim). "Bu Risma layak untuk berkompetisi. Apalagi prestasinya bukan hanya level Surabaya saja, bahkan di tingkat internasional," katanya.

Adapun prestasi Risma di antaranya, penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) 2015. Risma juga masuk nominasi 10 wanita paling inspiratif versi Majalah Forbes di 2013. Kemudian Wali Kota perempuan pertama di Surabaya itu juga pernah meraih penghargaan Ideal Mother Award 2016 di Universitas Kairo Mesir.

Tak hanya itu, sosok Risma juga dianggap sebagai sosok kepala daerah yang mampu melakukan perubahan signifikan di Kota Surabaya. Misalnya mulai dari pembangunan secara fisik hingga pelayanan kemasyarakatan, bahkan kini Surabaya menjadi pilot project E-Goverment kota-kota di Indonesia. "Saya kira Bu Risma layak dan mampu bersaing dengan sejumlah nama kandidat yang kini ramai muncul di media," jelasnya.

Sementara itu, PKB Jatim memastikan akan mengusung Abdul Halim Iskandar sebagai calon gubernur dalan pilgub Jatim tahun depan. Halim merupakan kader sekaligus Ketua DPW PKB Jatim. 

Bahkan kini, kelompok muda PKB Jatim sudah bergerak mensosialisasikan nama kakak Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar itu ke pelosok-pelosok desa melalui program sekolah politik kebangsaan. "Tak hanya pemilih pemula saja. Kami juga menyasar pemilih yang belum jelas arahnya atau swing voters," kata Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Ka'bil Mubarok.

PKB adalah satu-satunya partai di Jatim yang bisa mengusung calon sendiri, alias tidak perlu koalisi. Sebab, PKB merupakan partai pemenang pemilu 2014 di Jatim, dengan perolehan 20 kursi di parlemen.

Meski demikian, kata Ka'bil, PKB tetap membuka peluang koalisi dengan parpol lainnya. Ini dilakukan karena PKB masih butuh dukungan dari partai lain untuk Jatim 1. "Jadi kami welcome untuk partai lain," pungkasnya.


(ALB)