Sepanjang 2016, 78 Kasus Kekerasan Terjadi pada Anak-anak di Jombang

Nurul Hidayat    •    Selasa, 22 Nov 2016 19:23 WIB
kekerasan anak
Sepanjang 2016, 78 Kasus Kekerasan Terjadi pada Anak-anak di Jombang
Kekerasan pada Anak, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jombang: Sebanyak 78 kasus kekerasan terjadi pada anak-anak di Jombang, Jawa Timur, sepanjang 2016. Mirisnya, beberapa di antaranya justru menjadikan anak-anak sebagai tersangka.

Pimpinan Lembaga Pemdampingan dan perlidungan anak (LP2A) Muhammad Shollahuddin mengatakan kasus-kasus itu berupa tindak pidana kekerasan asusila dan seksual terjadi pada anak. Sebanyak 63 kasus sudah masuk dalam persidangan.

"Namun kemungkinan besar jumlah itu lebih banyak karena ada beberapa kasus yang masuk dalam data kami," kata Shollahuddin di Jombang, Selasa (22/11/2016).

Shollahuddin berharap penegak hukum dapat menegakkan peradilan kasus kekerasan pada anak. Sehingga anak-anak tak lagi menjadi korban. Bila demikian, kehidupan dan tubuh kembang anak sebagai generasi masa depan bakal terancam.

Baca: Mental Anak Korban Kekerasan Bisa Terganggu

Shollahuddin mengatakan perlindungan terhadap anak-anak sudah ditegaskan dalam Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002. Peraturan itu menjatuhkan hukuman lima tahun penjara.

"Tapi vonis hakim malah di kisaran satu hingga tiga tahun," ujar Shollahuddin. 

Penegakan hukum itu tentunya berlaku bagi orang dewasa yang menjadi pelaku tindak pidana kekerasan seksual dan asusila pada anak. Tapi, beberapa kasus juga membongkar anak-anak yang menjadi tersangka.


(RRN)