Area Ambles di Jalan Gubeng Mulai Diuruk

Antara, Amaluddin    •    Kamis, 20 Dec 2018 17:40 WIB
Jalan Gubeng Ambles
Area Ambles di Jalan Gubeng Mulai Diuruk
Petugas memeriksa area yang ambles di Jalan Raya Gubeng Surabaya, Rabu, 19 Desember 2018, Antara - Suhartono

Surabaya: Pemulihan area ambles di Jalan Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur, mulai dilakukan. Pemulihan jalan protokol itu berdasarkan arahan dari tim ahli Pemerintah Kota Surabaya.

Beberapa truk bermuatan pasir dan tiang besi berjejer di sekitar area yang ambles. Material bangunan itu akan menjadi penyangga pondasi untuk memulihkan area tersebut.


(Foto dari udara kondisi tanah ambles di Jalan Raya Gubeng Surabaya, Ant - Didik Suhartono)

Ekskavator dan backhoe dikerahkan untuk memindahkan pasir dari truk. Kemudian pasir dituangkan ke area jalan yang ambles membentuk lubang.

Baca: Perbaikan Jalan Gubeng Diperkirakan Butuh Waktu Satu Bulan

Polisi, ahli pertanahan, dan petugas pemerintahan mengawasi kegiatan pengurukan. Pengurukan dilakukan mulai dari sisi Gedung BNI dan Toko Elizabeth.

"Dua gedung itu paling berisiko terkena dampak tanah ambles. Apalagi saat sedang hujan. Makanya kami percepat proses pemulihannya," ujar Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat meninjau lokasi, Kamis, 20 Desember 2018.

Whisnu menargetkan proses pemulihan rampung hingga 10 hari ke depan. Sehingga masyarakat dapat melintasi jalan tersebut.

Baca: Ketua DPRD Surabaya Tolak Perbaikan Jalan Ambles Gunakan APBD

Pada Selasa malam, 18 Desember 2018, area di Jalan Raya Gubeng ambles. Lokasinya tepat di dekat Gedung RS Siloam Surabaya.

Peristiwa itu mengakibatkan lubang sedalam 20 meter. Dugaan sementara menyebutkan lubang terjadi berkaitan dengan pembangunan basement rumah sakit.


(RRN)