Politikus NasDem Bocorkan Khofifah Bakal Deklarasi Pilgub Jatim

Amaluddin    •    Selasa, 15 Aug 2017 12:14 WIB
pilkada 2018
Politikus NasDem Bocorkan Khofifah Bakal Deklarasi Pilgub Jatim
Kemensos Khofifah Indar Parawansa, MTVN - Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai Nasional Demokrat mengarahkan dukungannya kepada Khofifah Indar Parawansa dalam Pemilihan Gubernur (Pilgib) Jawa Timur 2018. Hal tersebut disampaikan anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Hasan Aminuddin saat berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur.

Tak hanya NasDem, Hasan menyebutkan empat partai lain bakal mendukung Menteri Sosial tersebut. Ia menyebutkan Gerindra, Partai Golkar, PAN, dan Hanura.

"Informasi ini sudah dibicarakan di tingkat elite," ungkap Hasan usai meresmikan Turnamen Beregu Veteran 'Hasan Aminuddin CUP 2017' di kediamannya di Jalan Klampis, Surabaya.

Hasan juga membocorkan Khofifah bakal mendapat restu dari Presiden Joko Widodo untuk melepaskan jabatannya sebagai Menteri Sosial untuk mengabdi di Jatim. Hasan menilai sikap Presiden itu bijak.

Hasan memprediksi Khofifah bakal mendeklarasikan maju dalam Pilgub pada November mendatang. lSebagai kader partai, Hasan mengaku siap mendukung Khofifah bila NasDem menyuarakan dukungan pada Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama itu. Ketua DPP NasDem bidang agama dan budaya itu mengaku siap memenangkan Khofifah dalam Pilgub Jatim.

Sementara itu, akhir Juli 2017, Khofifah mengaku masih menyerap aspirasi terkait rencana pencalonannya sebagai Gubernur Jatim. Ia mengaku tengah menyamakan frekuensi di masyarakat.

"Ibarat orkestra, kalau sudah seirama kita bisa turun di sirkuit pada saatnya," kata Khofifah kepada Metrotvnews.com, Senin 31 Juli 2017.

Khofifah mengaku sudah membangun komunikasi dan bersilaturahmi dengan sejumlah partai politik. Tapi, Menteri Sosial itu belum mau menyebutkan partai yang sudah siap mendukungnya.

Khofifah tengah mencari waktu tepat untuk mengambil keputusan apakah akan mengikuti Pilkada Jawa Timur 2018 atau tidak. Dia akan melaporkan apa pun hasil keputusannya nanti.

Baca: Khofifah Samakan Frekuensi di Pilgub Jatim

"Kalau saya sudah mengambil keputusan A atau B, ya berarti sudah mengonfirmasi dengan yang memberi mandat saat saya di Kementerian Sosial sekarang," ujarnya. 

Tingkat keterpilihan Khofifah di Pilkada Jatim berdasarkan survei The Initiative Institute pada 15-30 Juni 2017 mencapai 37,3 persen. Eletabilitas Kohfifah lebih tinggi ketimbang Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mencapai 18 persen.

"Posisi teratas masih Gus Ipul 44,6 persen," kata CEO The Initiative Institute Airlangga Pribadi.

Pria yang akrab disapa Angga itu menambahkan, tingkat eletabilitas Khofifah mengalami kenaikan signifikan. Hal itu disebabkan isu-isu yang menyatakan Khofifah akan kembali bertarung di Pilgub Jatim untuk yang ketiga kalinya. 

Sedangkan Gus Ipul, mempunyai nilai lebih sehingga elektabilitasnya tinggi dibandingkan nama-nama lainnya. Ini karena Gus Ipul telah menyatakan lebih awal untuk maju di Pilgub Jatim. 

Lihat video:
 


(RRN)