Warga Jombang Diminta Waspada Longsor

Nurul Hidayat    •    Kamis, 27 Jul 2017 09:59 WIB
tanah longsor
Warga Jombang Diminta Waspada Longsor
Prakiraan cuaca Kabupaten Jombang dari BMKG -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Sejumlah wilayah di Kabupaten Jombang diprediksi diguyur hujan mulai dari intensitas ringan hingga berat yang berpotensi menimbulkan longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang meminta warga dan pengguna jalan yang melintasi kawasan pegunungan waspada longsor.

"Terutama di Kecamatan Wonosalam, karena sudah pernah longsor. Sehingga, masyarakat hendaknya tetap waspada," kata Kasi Penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang Gunadi di Jombang, Jawa Timur, Kamis 27 Juli 2017.

Gunadi menjelaskan, longsor bisa terjadi di lereng pegunungan. Bekas longsor juga berpotensi kembali longsor jika timbul gerakan tanah yang disebabkan guyuran hujan.

Sebagai antisipasi, BPBD Kabupaten Jombang sudah memasang rambu-rambu peringatan rawan longsor di sepajang jalan di kawasan Wonosalam. "Rambu-rambu yang kita pasang berupa banner imbauan kawasan rawan longsor. Kita juga berkoordinasi dengan Perhutani Kabupaten Jombang, karena daerah rawan longsor masuk wilayah mereka," pungkas Gunadi.


(NIN)