Anggota DPRD Sebut Uang dari PDAU untuk Keperluan Pansus

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 08 Jun 2017 19:03 WIB
kasus suap
Anggota DPRD Sebut Uang dari PDAU untuk Keperluan Pansus
Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo, Khoirul Huda, mengenakan batik cokelat dan rompi merah saat tiba di Lapas Sidoarjo, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Khoirul Huda, anggota DPRD Sidoarjo, Jawa Timur, mengaku menerima dana senilai Rp75 juta dari kas Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU). Uang itu bukan untuk dirinya, namun buat kepentingan panitia khusus DPRD Sidoarjo saat berkunjung ke Pekanbaru, Riau.

Baca: Anggota Dewan Ditahan terkait Dugaan Korupsi di PDAU Sidoarjo

Kamis siang 8 Juni 2017, Khoirul mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sidoarjo setelah Kejaksaan Negeri (Kejari) menetapkan statusnya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di PDAU. Salah satu bukti yang menyeret Khoirul menjadi tersangka adalah kuitansi yang tertulis namanya.

Kuitansi itu berasal dari kas PDAU. Kuitansi ditujukan kepada Khoirul.

"Saya sudah kasih penjelasan ke penyidik, aliran dana itu bukan untuk kepentingan saya saja," ungkap Khoirul sebelum masuk ke Lapas Sidoarjo, Kamis 8 Juni 2017.

Menurut Khoirul, dana itu untuk keperluan Panitia Khusus Perubahan Status Perusahaan Daerah menjadi Perseroan Terbatas saat berkunjung ke Pekanbaru pada 2016. Saat itu dia bersama seluruh anggota Pansus untuk membahas perubahan PD aneka Usaha menjadi PT. 

"Dan semua anggota juga ikut membahas,"singkatnya. 

Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Adi Harsanto, mengungkapkan ada indikasi pengeluaran sejumlah uang dari kas PDAU ke sejumlah pihak. Hal itu dilatarbelakangi adanya puluhan kwitansi yang sudah tersebar di beberapa pihak. 

"Ada puluhan kiitansi. Dan ini masih kami kembangkan. Mudah-mudahan secepatnya bisa terungkap," tegasnya. 

Beberapa pekan lalu, Pihak Penyidik Kejaksaan Negeri Sidoarjo juga telah menerima pengembalian dari Saksi Heri Soesanto yang menjabat sekretaris Dewan Pengawas PD. Aneka Usaha. Selasa, 16 Mei 2017 lalu. 

Dia yang berstatus saksi juga menjabat Kabag Hukum Pemda Sidoarjo mengembalikan uang senilai Rp. 75 juta yang sebelumnya dikeluarkan dari Kas PDAU atas Hutang perusahaan kepada Dewan Pengawas. 

Kasie Intelijen Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Andri Tri Wibowo sebelumnya membenarkan atas pengembalian tersebut. Pengembalian tersebut merupakan uang kas yang dikeluarkan melalui rekening PD. Aneka Usaha kepada Heri Soesanto yang kala itu menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pengawas. 


(RRN)