Penerimaan Siswa Baru tidak Bisa Direkayasa

Rahmatullah    •    Jumat, 09 Jun 2017 18:49 WIB
pendidikan
Penerimaan Siswa Baru tidak Bisa Direkayasa
Pengendara melintasi bangunan SMAN 1 Sumenep, MTVN - Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: SMAN 1 Sumenep, Jawa Timur, akan menerima 360 siswa baru. Sebanyak 181 di antaranya akan diterima melalui jalur reguler, sementara 179 siswa lain karena berprestasi.
 
Pihak sekolah memastikan penerimaan siswa sistem reguler tidak bisa direkayasa, karena tes masuk sekolah dilakukan Pemprov Jatim melalui jaringan internet atau online. Sekolah sama sekali tidak ikut andil dalam penentuan siapa yang lulus tes masuk, karena servernya ada di Pemprov.
 
“Kami hanya menerima jadinya saja. Yang menentukan lulus atau tidak itu provinsi. Jadi tidak ada celah main belakang untuk lulus masuk,” terang Wakil Kepala bidang Kesiswaan SMAN 1 Sumenep, Moh Hasan, Jumat 9 Juni 2017.
 
Pendaftaran jalur reguler, kata dia, akan dibuka tanggal 3 hingga 6 Juli mendatang. Siswa yang bisa mendaftar harus memiliki PIN (personal identification number) terlebih dahulu. Untuk memperoleh PIN, siswa harus membawa kartu peserta ujian nasional (UN) dan kartu keluarga (KK).
 
Sementara untuk jalur prestasi sudah dilakukan pada bulan Februari lalu. Hasan menyebut siswa yang lulus jalur prestasi memiliki nilai rapor bagus, lalu memiliki catatan kejuaraan akademik, kejuaraan non akademik, dan kejuaran lomba tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Jika tidak memiliki kualifikasi itu, niscaya para siswa tersebut tidak akan diterima menjadi anak didik SMAN 1 Sumenep.
 
“Harapan siswa yang mau sekolah ini semoga searah dengan takdir,” tutupnya.


(RRN)