Soekarwo Ingatkan 12 Kepala Daerah untuk Memenuhi Janji Kampanye

Amaluddin    •    Senin, 24 Sep 2018 17:00 WIB
pembangunan
Soekarwo Ingatkan 12 Kepala Daerah untuk Memenuhi Janji Kampanye
Gubernur Jawa Timur Soekarwo resmi melantik 12 kepala daerah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Senin, 24 September 2018. Medcom.id/ Amaluddin.

Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo resmi melantik 12 kepala daerah di Jawa Timur. Usai melantik, Soekarwo menyampaikan beberapa pesan untuk Bupati/Wakil Bupati, dan Wali Kota/Wakil Wali Kota yang nantinya akan memimpin daerahnya masing-masing.

"Pertama, seluruh kepala daerah yang dilantik agar memenuhi janji-janji politiknya terhadap masyarakat, juga harus berkomitmen membangun Jatim," kata Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Senin, 24 September 2018.

Soekarwo menjelaskan, para kepala daerah yang baru dilantik punya waktu tiga bulan untuk menepati janji politiknya. Caranya, Bupati/Wabup dan Wali Kota/Wawali harus memasukkan program yang dijanjikan kepada masyarakat dalam Rancana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Setelah dilantik, orang nomor satu di Pemprov Jatim itu mengingatkan para kepala daerah agar menjalin koordinasi dengan pimpinan dan anggota DPRD di wilayahnya.

Kemudian, para Bupati dan Wali Kota harus membuat kebijakan strategis bersama DPRD. Misalnya menyusun APBD, baik APBD murni maupun perubahan APBD. Menurut Pakde Karwo, beberapa hal ini tidak bisa dipisahkan karena siklus anggaran atau budget-cycle yang ditetapkan UU.

"Kemudian saya ingatkan segera laksanakan pembangunan sesuai visi misi Presiden dan Gubernur. Agar terjadi sinkronisasi dan harmonisasi," jelas Pakde Karwo.

Pakde Karwo juga mengingatkan agar seluruh kepala daerah menerapkan transparansi segala hal, seperti dalam pengelolaan keuangan dan meningkatkan pelayanan publik. "Khusus korupsi ada penekanan sangat penting. Karena itu soal integritas bukan pungli, apalagi Jatim ini paling tinggi terkena kasus," pungkas Pakde Karwo.


(DEN)