Gus Ipul bakal Wajibkan TKI Jatim Bersertifikat

Amaluddin    •    Rabu, 04 Apr 2018 13:09 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Gus Ipul bakal Wajibkan TKI Jatim Bersertifikat
Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Foto: Medcom.id/Amaluddin

Surabaya: Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul akan mewajibkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jatim bersertifikat. Ini dilakukan karena masih tingginya angka TKI asal Jatim yang berangkat tanpa izin ke luar negeri. 

"Memang ada warga Jatim yang bekerja di luar negeri, termasuk yang cukup besar di Malaysia. Masalahnya sebagian dari mereka berangkat dengan dokumen yang tidak lengkap alias ilegal," kata Gus Ipul, di Surabaya, Rabu, 4 April 2018.

Menurut Gus Ipul, sekitar 70 persen TKI asal Jatim yang bekerja di luar negeri bermasalah. Karena itu, kata Gus Ipul, jika kelak dirinya terpilih sebagai gubernur Jatim, Pemerintah Jatim akan menyiapkan fasilitasnya untuk para TKI. Mulai dari perizinan, pelatihan, hingga TKI tersebut diberangkatkan. 

Nantinya, Gus Ipul akan berkoordinasi dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI) dalam menuntaskan masalah perizinan ini. 

"Pemerintah berkomitmen untuk ikut mengawal para TKI melengkapi berkas tersebut sesuai UU yang ada. Jadi, setiap TKI yang berangkat harus difasiltasi untuk melengkapi syarat-syarat yang diperlukan," katanya.

Tak cukup dengan memfasilitasi perizinan, Gus Ipul juga berjanji akan menyiapkan pelatihan kepada para TKI. "Di dalam regulasi yang baru, pemerintah bertanggung jawab memberikan pelatihan kepada para TKI," katanya.

Dalam memberikan pelatihan tersebut, lanjut Gus Ipul, pihaknya juga akan memperkuat Balai Latihan Kerja (BLK) untuk para TKI. Nantinya BLK akan didorong untuk bekerja sama dengan APJATI dalam memberikan pelatihan berstandar ketenagakerjaan. 

"Pelatihan ini harus berstandar nasional hingga internasional. Nantinya mereka didampingi sampai mendapatkan semua persyaratan formal dan keterampilan yang diperlukan," kata mantan ketua GP Ansor dua periode itu.


(ALB)