Awak Bus di Sumenep Dites Urine

Rahmatullah    •    Jumat, 08 Jun 2018 14:00 WIB
Mudik Lebaran 2018
Awak Bus di Sumenep Dites Urine
Petugas saat memeriksa tes urine awak bus di terminal Arya Wiraraja Sumenep – Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Puluhan awak bus di terminal Arya Wiraraja Sumenep, Jawa Timur, menjalani pemeriksaan tes urine, Jumat, 6 Juni 2018. Sebanyak 16 orang awak bus antar kota dan 4 orang awak bus antar propinsi menjalani pemeriksaan tersebut.

“Mereka perlu dites urine. Karena mereka faktor utama keselamatan penumpang,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sumenep, Bambang Sutrisno, di lokasi.

Bambang bilang, tes urine diperlukan untuk menghindari adanya awak bus mengonsumsi narkoba. Karena ketika sopir bus mengonsumi narkoba, dikhawatirkan tidak mengemudi dengan benar.

“Dan tes yang kita lakukan, semuanya negatif narkoba,” terang dia.

Bambang memastikan pemeriksaan tes urine tak berhenti sampai di sopir bus saja. Para nakhoda dan pilot di Sumenep juga akan diperiksa urinenya pada Senin, 11 Juni 2018 untuk memastikan tak ada yang terindikasi narkoba.

Meski begitu, hasil koordinasi dengan dinas terkait, pilot dan kru tidak bisa turun dari pesawat, karena ada peraturan khusus. Karenanya, dia mengaku sudah mengusulkan untuk memeriksa urine pilot dan kru di dalam pesawat.

“Hari ini saja (tes urine). Soal kelayakan armada, sudah ada yang berwenang,” ujar dia.


(ALB)