UNBK SMP di Jombang Baru 50 Persen

Nurul Hidayat    •    Minggu, 22 Apr 2018 14:04 WIB
ujian nasionalujian nasional smp
UNBK SMP di Jombang Baru 50 Persen
Simulasi UNBK SMP. (ANT/ASEP FATHULRAHMAN)

Jombang: Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mencatat dari 123 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta, hanya sebagian yang siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

"Rinciannya adalah 23 SMP Negeri dan 27 SMP Swasta yang sudah siap menyelenggarakan UNBK," Ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Budi Nugroho saat dihubungi Medcom.id, Minggu 22 April 2018.

Ia menjelaskan, kendala yang dihadapi pihak sekolah yakni kurang tersedianya sarana dan prasarana untuk melaksanakan UNBK, mulai dari perangkat komputer hingga jaringan internet.

"Salah satunya sekolah harus menyiapkan 1/3 perangkat komputer, misal di sebuah sekolah ada 100 murid, pihak sekolah setidaknya harus menyiapkan 34 komputer agar bisa menjalan UNBK dengan tiga gelombang," imbuhnya.

Selain itu, kondisi geografis juga menjadi kendala bagi sekolah yang ingin menyelenggarakan UNBK, terutama untuk intalasi jaringan internet.

"Bagi sekolah yang terletak di kawasan pinggiran dan belum ada akses internet juga menjadi kendala belum dilaksankannya UNBK di sekolah yang bersangkutan, namun kita targetkan 2019 untuk semua SMP di Kabupaten Jombang, 100 persen akan melaksanakan UNBK," pungkasnya.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama akan diselenggarakan secara serentak selama empat hari yakni mulai Tanggal 23 hingga 26 April 2018.


(LDS)