Kapolres Malang Upayakan Damai Mahasiswa-Warga

Daviq Umar Al Faruq    •    Senin, 02 Jul 2018 14:31 WIB
kekerasan
Kapolres Malang Upayakan Damai Mahasiswa-Warga
Ilustrasi kekerasan, Medcom.id - M Rizal

Malang: Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengatakan suasana di Malang sudah kondusif. Bentrokan yang terjadi antara komunitas mahasiswa dengan warga di Jalan MT Haryono, Kota Malang, Jawa Timur, mereda. Kapolres pun berencana mengupayakan damai kedua kubu.

"Kejadian semalam sudah aman, nanti siang kami fasilitasi pertemuan mereka," katanya saat dikonfirmasi, Senin, 2 Juli 2018.

Polisi bakal mendengarkan sejumlah aspirasi yang ingin disampaikan oleh para mahasiswa di Markas Polres Malang Kota sekitar pukul 14.00 WIB. Lewat pertemuan tersebut diharapkan menemukan titik temu permasalahan.

Keributan terjadi antara komunitas mahasiswa dengan warga di Malang, Jawa Timur, Minggu, 1 Juli 2018 malam. Hingga berita ini dimuat, polisi tengah mendalami alasan keributan.

Keributan terjadi di sebuah rumah yang dikontrak menjadi sekretariat komunitas itu di Jalan MT Haryono, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Bentrokan terjadi saat puluhan mahasiswa hendak berdiskusi memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan West Papua ke-47 di Asrama IPMAPAPARA di kawasan tersebut.

Pada pukul 17.30 WIB, para peserta diskusi mulai berdatangan di asrama tersebut. Sekitar pukul 18.30 WIB, warga menerobos gerbang beserta pejabat RT-RW setempat untuk memperingatkan agar kegiatan diskusi tersebut segera dihentikan.

Namun, mahasiswa bersikeras kegiatan tetap berjalan. Warga yang emosi dengan serentak membubarkan mahasiswa. 

Sekitar pukul 20.00 WIB, warga membubarkan dan mengusir mahasiswa. Namun mahasiswa tak terima. Adu mulut terjadi dan aksi saling lempar pun dilakukan kedua kubu di depan RS Unisma.


(RRN)