Vanessa Angel Diduga Kirim Video untuk Menarik Pelanggan

Amaluddin    •    Rabu, 16 Jan 2019 17:49 WIB
prostitusi onlineprostitusi artis
Vanessa Angel Diduga Kirim Video untuk Menarik Pelanggan
Vanessa Angel (berbaju putih) usai menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Timur, Ant - Didik Suhartono

Surabaya: Vanessa Angel diduga mengirimkan video dan foto mesum ke muncikari ES. Lalu ES menggunakan data-data itu untuk menjaring pelanggan.

Menurut Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera, Vanessa terlibat dalam rangkaian rantai transaksi prostitusi online. Lantaran itu, Vanessa dijerat sebagai tersangka dengan Pasal 27 Ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Data transaksi itu pula yang menjadi pertimbangan penyidik untuk menaikkan statusnya dari saksi menjadi tersangka," kata Barung di Mapolda Jatim, di Surabaya, Rabu, 16 Januari 2019.

ES kerap menyodorkan foto dan video Vanessa kepada calon pelanggan. Bila calon pelanggan berminat, transaksi pun dilakukan. Bila benar terjadi transaksi, Vanessa dijerat dengan UU ITE.

Baca: Aktris Vanessa Angel Jadi Tersangka

"Ada banyak sekali gambar-gambar dan video asusila tersebut. Ada yang durasi 1 hingga 2 menit," lanjut Barung.

Barung mengatakan Vanessa telah menjalani pemeriksaan lanjutan. Hasilnya, Vanessa tak hanya aktif sebagai objek. Ia juga diduga ikut menjadi penyedia dalam jaringan prostitusi online.

"Fakta baru itu (gambar dan video), terungkap dari hasil penyelidikan digital forensik oleh penyidik. Ditemukan dalam ponsel milik muncikari ES," katanya.

Gambar bugil dan video porno VA telah tersebar luar di media sosial (medsos). Namun, Barung belum mengetahui siapa penyebar gambar dan video asusila tersebut. 

"Videonya ya seperti yang beredar. Tapi video itu bukan polisi yang nyebar," ujarnya.

Penyidik terus mengidentifikasi hasil digital forensik dalam kasus prostitusi artis untuk membongkar semua jaringan. Data digital forensik ini meliputi bukti transaksi, percakapan, hingga distribusi foto dan video artis yang bisa melayani kencan berbayar. 

Bisnis prostitusi artis terbongkar setelah penggerebekan VA di sebuah hotel di Surabaya, Sabtu, 5 Januari 2019. Saat itu VA tengah melayani seorang pelanggan melalui perantara ES dan TN.  

Dari hasil pengembangan, ternyata ada banyak artis yang terlibat. Berdasarkan daftar PSK yang dimiliki ES, sedikitnya ada 45 artis dan 100 model. Mereka antara lain bintang sinetron, aktris FTV, model, dan mantan finalis Puteri Indonesia.

Lihat video:



(RRN)