Awal September, Lebih 2 Juta Warga Jatim belum Bikin e-KTP

Amaluddin    •    Jumat, 09 Sep 2016 18:31 WIB
pelayanan e-ktp
Awal September, Lebih 2 Juta Warga Jatim belum Bikin e-KTP
Petugas Dispendukcapil Jombang melayani perekaman e-KTP, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 2,2 juta warga Jawa Timur belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Kabupaten Sidoarjo merupakan wilayah dengan jumlah warga terbanyak yang belum merekam e-KTP.

Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Data Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim, Sambudi, mengatakan 412.874 warga Sidoarjo belum melakukan perekaman e-KTP. Di lain sisi, Disnakertransduk Sidoarjo kehabisan blangko e-KTP dalam dua bulan terakhir.

"Sebenarnya jumlah warga yang melakukan perekaman e-KTP sudah banyak, hanya saja belum bisa dicetak karena kehabisan blangko," kata Sambudi di Surabaya.

Selain Surabaya, tiga kabupaten/kota lain juga masuk dalam daftar jumlah warga tertinggi yang belum mengurusi e-KTP. Yaitu:
1. Bangkalan sebanyak 402.191 orang
2. Surabaya sebanyak 389.384 orang
3. Pasuruan sebanyak 266.258 orang.

Sementara itu, Disnakertransduk Jatim mengebut proses perampungan e-KTP. Petugas mendatangi kantor kelurahan dan meminta pemerintah daerah segera menuntaskan perekaman e-KTP. Sebab, masa tenggat waktu warga mengurusi e-KTP yaitu September 2016.



(RRN)